• Kamis, 30 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Ashari Dan Iksan Bersaing Di Jeneponto

Selasa , 17 Juli 2012 10:47
Total Pembaca : 1016 Views

Baca juga

RAKYAT SULSEL .MAKASSAR – Hasil Survei Indeks Politica Indonesia (IPI) terhadap bakal calon Bupati Jeneponto dua minggu terakhir di Juli ini menunjukkan persaingan antara dua nama, yaitu putra Bupati Jeneponto Radjamilo, Ashari F Radjamilo dan Iksan Iskandar Karaeng Ninra.

Meski dua nama tersebut bersain, tapi Direktur IPI Suwadi Idris Amir menjelaskan, elektabilitas Ashari Radjamilo tidak bergeser atau bahkan mengalami penurunan di posisi 33,5% sementara Iksan Iskandar mengalami kenaikan jadi 30,15% yang sudah mulai mendekati tingkat elektabilitas Ashari.

“Dari hasil survei tersebut menunjukkan jika tingkat elektabilitas Ashari mengalami penurunan sekitar lima hingga 10% dibanding Iksan yang terus meningkat,” ungkap Suwadi, Senin (16/7).

Meningkatnya elektabilitas Iksan terang Suwadi bisa juga disebabkan posisi Iksan yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten Jeneponto. “Jika ini terus terjadi, Ashari bisa terjegal untuk melanjutkan tampuk kekuasaan ayahnya,” tambah Suwadi.

Selain dua nama tersebut juga muncul nama lain, yaitu Thahal Fasni Karaeng Sutte, AFR Karaeng Raja dan Mulyadi Mustamu Karaeng Tinggi. Tiga nama tersebut dianggap punya potensi untuk merusak popularitas dan elektabilitas calon karena basis massa mereka yang sama.

Hasil survei untuk melihat siapa bakal calon Bupati Jeneponto yang disukai masayarakat di sana, IPI melakukan survei dengan metode multistage random sampling acak berjenjang yang tersebar di seluruh kecamatan dan desa di Kabupaten Jeneponto. Juga dilakukan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 480 orang.

“Tingkat kepercayaan survei ini 95% dan margin of error 3%. Survei ini dikawal dengan manejemen Quality Control (QC), untuk menjaga validitas data,” pungkas Suwadi. (RS6/not/C)