JUMAT , 15 DESEMBER 2017

ASN Berkinerja Baik di Parepare Akan Diberi Tunjangan Kinerja

Reporter:

Editor:

niar

Kamis , 12 Oktober 2017 17:08
ASN Berkinerja Baik di Parepare Akan Diberi Tunjangan Kinerja

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kota Parepare akan menikmati tunjangan kinerja atau pakasi. Namun, tunjangan ini hanya diberlakukan bagi ASN atau PNS yang memiliki kinerja yang baik.

Mengenai pemberlakuan tunjangan ini, Pemkot Parepare melalui Badan Perencanaan Daerah menggelar kegiatan konsultasi publik dengan menghadirkan Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar untuk memberikan penilaian atas besaran tunjangan kinerja yang akan diterapkan di Kota Parepare. Konsultasi publik tersebut dilaksanakan di Ruang Pola Setdako Parepare, Kamis, (12/10/2017).

“Selain gaji, ASN juga dapat tunjangan dan fasilitas, ini memang menjadi hak kita sebagai ASN, termasuk tunjangan kinerja, namun untuk tunjangan kinerja ini, hanya ASN yang berkinerja yang berhak mendapatkan tunjangan kinerja dan dibayarkan sesuai pencapaiannya,” jelas Lukman Samboten, Kepala Bagian Administrasi PKP2A LAN Makassar.

Penegasan yang sama juga dikemukakan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe dalam sambutannya, Taufan menegaskan tiga poin penting dalam pemberlakukan tunjangan kinerja tersebut bagi seluruh ASN di Kota Parepare.

“Saya minta kepada semua Pimpinan SKPD untuk menerapkan tiga hal ini, pertama penerapan absensi elektronik. Ini berkaitan dengan kehadiran, ini penting sekali, jangan ada lagi mengakali. Kedua, capaian kinerja, jadi Pimpinan SKPD yang pertama menjawab kemampuan kinerja stafnya dan ketiga kedisiplinan. Jika ketiganya sudah dipahami dan dihayati, maka saya mengharapkan sekali sudah ada sistem atau aplikasi yang bisa melakukan penilaian sehingga dalam satu bulan kinerja, ada target yang dicapai perharinya,” tegas Wali Kota bergelar Doktor di Bidang Hukum ini mengingatkan.

Terkait teknis penerapan tunjangan kinerja ini, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Parepare, St Rahma Amir Kaharuddin menjelaskan, Konsultasi Publik mengenai tunjangan kinerja atau pakasi ASN Pemkot Parepare dilakukan, untuk menjadi dasar penilaian tunjangan kinerja yang akan diberlakukan.

“Ini dibayarkan sesuai kinerja, sehingga konsultasi publik ini digelar untuk mengetahui berapa tunjangan kinerja yang akan diberlakukan di Parepare, serta diharapkan dapat meningkatkan kinerja para ASN di setiap SKPD pada pra kondisi dari kegiatan konsultasi publik,” papar St Rahma.

Ditanyai mengenai besaran tunjangan kinerja, St Rahma menguraikan, besaran tersebut akan dinilai oleh pihak PKP2A LAN, setelah semua pendukung kajian tunjangan kinerja dinyatakan lengkap, termasuk Analisis Jabatan (Anjab), Analisis Beban Kerja (ABK), dan reformasi birokrasi. “LAN belum bisa menilai harga setiap kelas jika Anjab dan ABK-nya belum ada, sehingga kita lakukan dulu konsultasi publik,” pungkasnya. (Nia)


div>