RABU , 21 NOVEMBER 2018

ASN Dapat Tunjangan Keluarga

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 26 Mei 2018 10:00
ASN Dapat Tunjangan Keluarga

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, foto bersama dengan jajaran pejabat dan pegawai Pemkot Makassar .foto: ist for rakyatsulsel.

*THR Pemkot Bakal Bertambah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal menambah anggaran Gaji 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR). Rencananya tambahan anggaran tersebut untuk tunjangan keluarga yang dibebankan pada APBD.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Abd Rasyid mengatakan bahwa pihaknya akan menambah anggaran THR untuk ASN lingkup Pemkot Makassar, namun hal itu masih menunggu petunjuk teknis (juknis) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“APBD pokok untuk THR itu Rp 42 miliar, tapi itu khusus gaji pokok. Karena ini ada tambahan kita usahakan kalau sudah ada juknis turun baru kita lihat lagi seperti apa perlakuannya,” ucap Abd Rasyid, Jumat (25/5) kemarin

Ia mengatakan bahwa dengan adanya tambahan THR selain gaji pokok dan tunjangan keluarga, maka pihaknya berharap ada tambahan dana dari pemerintah pusat agar tidak membebani APBD Kota Makassar.

“Yang tadinya hanya dianggarkan di APBD untuk gaji pokok saja dibayarkan, sekarang ditambah dengan tunjangan keluarga, kita harap ada bantuan pemerintah pusat,” jelas Abd Rasyid.

Ia mengatakan bahwa, tahun ini Pemkot Makassar kebagian anggaran THR dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) sebesar Rp 42,5 miliar, untuk 11.045 pegawai berstatus ASN. THR tersebut dibagikan sebesar gaji pokok ASN. Sementara untuk Gaji 13 ASN, akan diberikan pasca lebaran tepatnya dibulan Juli

“Kita tidak ingin mendahului Kemenkeu dulu, pokoknya kita pantau terus di sistem online,” kata Abd Rasyid.

Terpisah, Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Makassar, Umar, mengaku senang jika ada penambahan THR untuk ASN. Pasalnya, pada saat hari raya kebutuhan keluarga jauh lebih besar jika dibandingkan hari-hari biasanya.

“Alhamdulillah, lebih banyak lebih baik karena THR biaa membantu keluarga, apalagi jelang lebaran,” ucap Umar.

Diketahui, tunjangan keluarga diberikan kepada pekerja yang telah memiliki tanggungan istri dan anak. Sesuai ketentuan, besaran tunjangan suami/istri adalah 10 persen dari gaji pokok, dan tunjangan anak sebesar 2 persen peranak.(*)


div>