KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

Asrama Latimojong di Bogor Segera Dibangun

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Senin , 05 Maret 2018 16:00
Asrama Latimojong di Bogor Segera Dibangun

Asrama Mahasiswa Latimojong (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Usai berpolemik tentang kepemilikan lahan pada lokasi bangunan awal, kini lokasi baru, Asrama Latimojong milik Pemerintah Provinsi Sulsel di Bogor, Jawa Barat segera dibangun. Pengerjaan dimulai setelah proses lelang selesai Maret ini.

Pembangunan ini akan menghabiskan anggaran APBD sebesar Rp 5,5 miliar. Angka ini naik Rp3 miliar dari jumlah APBD yang telah ditetapkan sebelumnya yakni Rp2 miliar.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (PSDACKTR), Darmawan Bintang mengatakan desain untuk pembangunan gedung baru asrama sudah dirampungkan. Rencananya asrama ini dibangun dua lantai. “Konstruksinya dimulai bulan ini sudah bisa dimulai pengerjaannya. Desainnya sudah ada. Dua lantai,” ungkapnya, Minggu (4/3) kemarin.

Namun hingga kini, lanjut Darmawan, belum ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditunjuk untuk melakukan pembangunan asrama baru ini. Pihaknya hanya ditugaskan untuk mendesain rancangan gedung asrama Latimojong di Bogor.

“Bisa di OPD kami. Malah bisa juga di Dinas Perumahan. Belum ada petunjuk, di OPD mana melekat anggaran pembangunan fisiknya. Karena ini masih pada proses tender,” paparnya.

Kepastian pembangunan asrama baru ini dimulai setelah ada perjanjian kerja sama dengan Pemkot Bogor untuk hibah lahan. Anggaran fisik asrama rencananya akan dimasukkan di APBD Pokok 2018.

“Besarannya sekitar Rp2 miliar. Sehingga konstruksinya sudah bisa dimulai tahun ini setelah kordinasi dengan Biro Pembangunan dan meninjau lokasinya bersama Wali Kota Bogor,” kata Plt Kabiro Aset Setda Provinsi Sulsel, Nurlina.

Ia menyebut luas lahan yang dihibahkan Pemkot Bogor mencapai 750 meter persegi. Lokasinya hanya berjarak 200 meter dari asrama sebelumnya yang telah dieksekusi Pengadilan Negeri (PN) Bogor.

“Masa pinjam pakainya 5 tahun. Kemudian nanti diperpanjang sesuai Permendagri. Mahasiwa sementara tinggal di gedung representatif yang disumbangkan pengurus KKSS Bogor,” tukasnya. (*)


div>