MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Asyik! Indonesia Sudah Bisa Perbaiki Kapal Migas

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 19 April 2016 14:19
Asyik! Indonesia Sudah Bisa Perbaiki Kapal Migas

int

RAKYATSULSEL.COM – Saat ini industri galangan kapal nasional terus menggeliat. Anak bangsa Indonesia sudah bisa membangun kapal tanker sendiri.

Kemampuan itu diharapkan Menteri Perindustrian, Saleh Husin, untuk mendukung industri tersebut. Setidaknya pengusaha kapal migas agar mereparasi kapalnya di dalam negeri.

”Kita optimistis, industri nasional mampu mendukung aktivitas produksi migas. Maka saya minta dan ingatkan lagi agar kapal yang melakukan aktivitas di sektor migas seperti kapal Seapup 2 ini direparasi di galangan dalam negeri, mungkin di Batam atau lokasi lain,” ujar Saleh Husin yang dilansir dari Indopos (Jawa Pos Group), Selasa (19/4)

Sebelumnya Menperin baru saja meresmikan Kapal Self Elevated and Propelled Utility Platform (SEAPUP) 2 milik PT Swadaya Sarana Berlian di kawasan pelabuhan Marunda, Jakarta, Senin, (18/4).

Dia mengapresiasi usaha yang dilakoni PT Swadaya Sarana Berlian. Pasalnya produksi kapal yang menelan investasi pembangunan kapal mencapai Rp 800-900 miliar itu 100 persen menggunakan kru dari Indonesia.

Langkah dari PT Swadaya Sarana Berlian itu dianggap telah menjalankan apa yang ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap keberpihakannya pada galangan nasional.

Saleh menyebutkan, berdasarkan perintah presiden bahwa Kementerian, lembaga negara dan BUMN diwajibkan membangun kapal di dalam negeri.

Kemudian disusul oleh pihak swasta juga diharapkan turut berkontribusi pada pengembangan industri galangan nasional. Industri perkapalan nasional sebagai salah satu industri strategis telah mencapai beberapa kemajuan.

Di antaranya peningkatan jumlah galangan kapal menjadi sekitar 250 perusahaan dengan kapasitas produksi mencapai sekitar 1 juta DWT/tahun untuk bangunan baru dan sekitar 12 juta DWT/tahun untuk reparasi kapal.

Ke depan diharapkan kapasitas produksi untuk bangunan baru maupun reparasi kapal dapat terus ditingkatkan termasuk kemampuan dalam membangun fasilitas untuk mendukung kegiatan di sektor migas. (JPG)


Tag
div>