RABU , 19 DESEMBER 2018

Asyik, Pemkot Parepare Akan Gratiskan Iuran PBB

Reporter:

dedi

Editor:

Kamis , 29 Desember 2016 19:24
Asyik, Pemkot Parepare Akan Gratiskan Iuran PBB

Ilustrasi

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare akan menggratiskan pembayaran iuran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Hal tersebut merupakan terobosan, dalam rangka meringankan beban warga, yang tergolong kategori keluarga miskin (gakin).

Walikota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan, penggratisan iuran PBB tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkot, terhadap persoalan yang selama ini dikeluhkan warga Parepare.

“Insya Allah, program gratis iuran PBB bagi keluarga miskin, akan dimulai pada awal tahun 2017 mendatang. Jadi, rencananya kami targetkan, sebanyak 10.000 peserta PBB se-Kota Parepare, yang akan tersentuh melalui program tersebut,” katanya, Kamis (29/12/2016).

Taufan menjelaskan, adapun sasaran program tersebut, diperuntukkan bagi warga yang jumlah iuran PPB nya, sebanyak Rp10 ribu ke bawah. “Kami harus lebih peduli. Karenanya, kami berharap program tersebut nantinya, bisa berjalan maksimal,” jelasnya.

Terpisah, Kelapa Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Nasarong, mengatakan, pihaknya akan bergerak cepat untuk melakukan pendataan kepada keluarga miskin, yang akan menikmati program tersebut.

“Kami akan bekerja sama dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan, untuk melakukan pendataan, yang selanjutnya kami validasi supaya tepat sasaran,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan membuat regulasi supaya memiliki dasar aturan yang jelas. Pihaknya, lanjut dia, telah melakukan kalkulasi awal, terkait jumlah anggaran yang dibutuhkan.

“Jadi target iuran tertingginya mencapai Rp10 ribu, dan jika dikalikan dengan 10.000 peserta, maka kami harus menyiapkan anggaran sebesar Rp100 juta,” tandasnya.


div>