JUMAT , 25 MEI 2018

Atap Stadion Barombong Dianggarkan Rp47 Miliar

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 30 Desember 2017 15:00
Atap Stadion Barombong Dianggarkan Rp47 Miliar

Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) , Muhlis Mallarangeng saat meninjau progres pembanguan Stadion Barombong beberapa waktu lalu. foto: ashar abdullah/rakyatsulsel.

*Proses Lelang Tender Dibuka Awal Januari 2018

 

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pengerjaan Stadion Barombong terus di genjot. Setelah mengalami molor terhadap pengerjaan fisik tribun selatan dan barat, kini stadion bertaraf internasional itu dihadapkan dengan pengerjaan atap untuk keseluruhan tribun.

Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Stadion Barombong, Muchlis Mallarangeng mengatakan untuk pengerjaan atap tersebut pihaknya menganggarkan sebesar Rp47 miliar dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2018.

“Selain atapnya juga ada rangka baja itu mennghabiskan anggaran sampai Rp47 miliar. Selain itu ada juga penunjang lainnya yang belum masuk anggaran,” ujar Muchlis kepada Rakyat Sulsel, Jum’at (29/12).

Sementara untuk pengerjaannya, lanjut Muchlis, pihaknya akan membuka lelang tender proyek pada awal Januari 2018 nanti.

“Saat ini kita mengumpulkan data bagaimana gambaran dan konsep pemasangan atap di konsultan perencanaan. Kami sudah hitung HPSnya dulu, jika sudah cocok untuk dipakai maka segera mungkin kita buka lelang, paling lambat awal Januari,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk pengumuman pemenang atas lelang tender, pihaknya tidak membutuhkan banyak waktu lantaran dinilai proyek pemasangan atap tidak membutuhkan banyak prosedur yang menghambat administrasi.

“Apabila sudah masuk persetujuan kelompok kerja (Pokja) dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) maka tidak cukup satu Minggu sudah bisa diumumkan, intinya lebih cepat lebih baik,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Sri Endang Sukarsih mengatakan, perampungan penyelesaian Stadion Barombong harus diselesaikan secepatnya, pasalnya sejumlah even olahraga bertaraf Internasional mulai melirik Indonesia sebagai tuan rumah pada tahun depan.

“Harus secepatnya, di sana itu bukan cuma olahraga bola, tapi juga menjadi pusat olahraga atletik lainnya seperti renang, lomba lari dan lainnya. Minimal bisa digunakan untuk even olahraga bertaraf lokal dan maksimal Internasional,” tuturnya.

Sejak dibiayai APBN pada tahun 2011 lalu, proyek ini mulai dikerjakan dengan kucuran dana sebesar Rp 14,5 miliar, kemudian kembali mendapatkan kucuran dana APBN sebesar Rp 10,5 miliar pada 2015 lalu.

Namun, ditengah perjalanan pemprov harus rela anggaran untuk stadion Barombong dialihkan oleh pusat untuk Sea Games.

Tahun 2013 anggaran pusat di cut sehingga harus dibiayai oleh APBD sebesar Rp3 miliar, tahun 2014 juga dianggarkan di APBD sebesar Rp20 miliar ditambah kucuran dari pusat senilai Rp17,4 miliar.

Tahun 2015, pemprov kembali menganggarkan lewat APBD senilai Rp25 miliar, tahun 2016 ada Rp17 miliar. Tahun 2017 ini, APBD yang harus di gelontorkan untuk stadion Barombong sekitar Rp95 miliar.

Secara keseluruhan, dari total APBN dan APBD, Stadion Barombong sudah menelan anggaran sebesar Rp202,4 miliar. Stadion Barombong sendiri diperkirakan selesai tahun 2018 mendatang. (*)


div>