SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Atasi Bibir Kering Dengan Lip Balm dari Minyak Kelapa dan Lidah Buaya

Reporter:

Editor:

Nunu

Minggu , 03 Juni 2018 01:30
Atasi Bibir Kering Dengan Lip Balm dari Minyak Kelapa dan Lidah Buaya

int

RAKYATSULSEL.COM —  Perlu diketahui kulit bibir merupakan bagian wajah yang sensitif terhadap kerusakan. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti paparan sinar matahari dan penggunaan bahan kosmetik kimia yang berbahaya. Akibatnya, kulit bibir menjadi kering dan kasar.

Meskipun saat ini sudah ada banyak vitamin bibir atau lip balm yang tersedia di toko kecantikan, numun belum tentu semuanya mengandung bahan yang aman untuk bibir. Bahkan, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada bibir.

Tetapi, tak perlu khawatir, karena saat ini telah banyak bahan alami yang lebih ramah untuk menjaga kelembapan bibir. Bahan utama yang digunakan untuk menyiapkan lip balm ini adalah minyak kelapa dan gel lidah buaya. Bahan-bahan rumah tangga ini telah digunakan sejak dahulu kala untuk tujuan perawatan bibir.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa bisa membantu melembabkan bibir. (boldsky.com)

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (2/6), Lip balm ini berfungsi sebagai pelembab dan mengobati bibir pecah-pecah. Selain itu, lip balm ini dapat memiliki dampak yang tahan lama dan membuat bibir terlihat segar, lembut dan halus.

1. Bahan

1 sendok makan minyak kelapa, 1 sendok teh gel lidah buaya, 1/2 sendok makan carnauba wax.

2. Cara Membuat

Masukkan minyak kelapa dan carnauba dalam panci. Rebus dengan temperatur api kecil sampai meleleh. Kemudian matikan kompor dan biarkan larutan menjadi dingin. Tambahkan gel aloe vera secukupnya ke dalam larutan yang disiapkan. Campurkan semua bahan secara menyeluruh untuk menyiapkan lip balm.

3. Penggunaan

Lembabkan bibir dengan air hangat sebelum memakai lip balm. Lalu, ambil olahan lip balm yang sudah disiapkan dan oleskan ke seluruh bibir Anda. Pijat dengan ujung jari selama beberapa menit dan kemudian biarkan mengering.

4. Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa berfungsi melembabkan secara efektif dapat menyehatkan kulit sensitif pada bibir. Selain itu, mampu melindungi kulit di bibir dari kuman penyebab infeksi. Kadungan emolien alami minyak kelapa juga bisa mengelupaskan kulit kering dari bibir dan membantunya menjadi lembut dan halus.

Minyak alami ini dapat bertindak sebagai SPF dan menjaga bibir dari sinar matahari yang menyebabkan perubahan warna dan kekeringan.

5. Manfaat Lidah Buaya

Menjadi sumber antioksidan yang hebat, gel lidah buaya dapat mengatasi bibir yang pecah-pecah. Aplikasi gel aloe vera pada bibir juga dapat mencegah perubahan warna pada bibir. Itulah mengapa sangat efektif dalam merawat bibir gelap.

Gel lidah buaya dengan sifat penyembuhan yang dapat memperbaiki kulit yang rusak di bibir dan membantu terlihat cantik secara alami. Juga, gel ini dapat digunakan untuk mengobati segala jenis luka di bibir.

6. Manfaat Carnauba Wax

Lilin berbasis tanaman ini sering digunakan sebagai bahan utama dalam balm bibir komersial karena kemampuannya untuk menyegarkan bibir. Komposisi lilin carnauba juga memungkinkannya untuk meningkatkan warna alami bibir dan menambahkan kilau pada penampilannya.

(fid/JPC)


div>