SABTU , 21 APRIL 2018

Atasi Diare dengan Konsumsi 5 Makanan ini

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 23 Februari 2018 09:00
Atasi Diare dengan Konsumsi 5 Makanan ini

int

RAKYATSULSEL.COM – Diare merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak, orang dewasa hingga mereka yang sudah lanjut usia.

Secara sederhana, diare dapat diartikan sebagai buang air besar cair atau encer, dengan frekuensi tiga kali atau lebih dalam sehari.

Menurut dr. Anita Amalia Sari, beberapa kondisi yang menjadi penyebab terjadinya diare adalah infeksi virus, bakteri maupun parasit. Pada kasus yang tidak parah, penderita diare tidak mesti mengonsumsi obat-obatan khusus untuk membantu mengatasi keluhan.

Ini karena diare juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Lalu, makanan apa saja yang dimaksud ?

1. Pisang.

Buah berwarna kuning yang lunak dan enak ini ternyata bisa membantu mengatasi keluhan diare. Ini karena pisang sangat mudah dicerna, sehingga sangat baik untuk ‘menenangkan’ sistem pencernaan Anda.

Pisang juga kaya akan pektin, yaitu serat larut yang membantu menyerap cairan di usus dan merangsang gerak isi perut. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi keluhan diare maupun sembelit.

Tak hanya itu, kandungan potasium yang tinggi pada pisang juga dapat membantu mengembalikan kadar elektrolit yang hilang akibat diare. Makan satu atau dua pisang saat diare bisa membantu mengembalikan keseimbangan sistem pencernaan Anda.

2. Wortel.

Sayuran ini kaya akan gizi, dan sangat baik untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan Anda. Di samping itu, kandungan vitamin yang ada pada wortel juga dapat membantu mengembalikan fungsi usus yang kacau akibat diare.

Agar memberikan manfaat maksimal, Anda disarankan untuk mengolah wortel dengan cara dikukus atau dijadikan jus tanpa gula atau pemanis tambahan.

3. Yoghurt.

Yoghurt mengandung probiotik, yakni bakteri baik yang membantu tubuh mengurangi dan menghambat perkembangan bakteri jahat di dalam saluran cerna. Ini berarti, susunan bakteri di dalam usus Anda akan menjadi lebih baik, sehingga keluhan diare bisa berkurang.

Namun, sebelum membeli produk yoghurt tertentu, pastikan Anda membaca label kemasan dengan saksama. Tindakan ini bertujuan agar Anda tidak mengonsumsi yoghurt yang mengandung tinggi gula atau pemanis buatan.

Sebab, jenis yoghurt yang seperti itu justru dapat menyebabkan peningkatan produksi gas di dalam perut, yang nantinya malah membuat diare Anda semakin parah. Sedangkan, jika Anda memiliki intoleransi terhadap laktosa, pilihlah jenis yoghurt yang bebas laktosa.

4. Nasi putih.

Makanan pokok orang Indonesia ini merupakan sumber kabohidrat yang sangat mudah dicerna, dapat membantu proses pembentukan serta pemadatan feses di dalam usus. Atas dasar ini, nasi putih bisa membantu mengurangi keluhan diare yang terjadi.

Meski bermanfaat demikian, Anda tetap dianjurkan untuk tidak mengonsumsi nasi putih secara berlebihan. Ini karena hal tersebut membuat Anda berisiko tinggi untuk mengalami kelebihan berat badan alias obesitas, yang merupakan cikal-bakal dari penyakit diabetes melitus, penyakit jantung maupun stroke.

5. Serealia.

Serealia adalah jenis makanan yang dapat Anda konsumsi selama diare. Karena jenis makanan ini mengandung pati dan beberapa zat gizi lain, yang membuatnya sangat mudah dicerna dan membantu meredakan gejala diare.

Jika hendak mengonsumsi serealia saat diare, pastikan Anda tidak menambahkan gula, madu, susu atau keju ke dalamnya. Sebagai gantinya, Anda dapat mengombinasikan serealia tersebut dengan potongan pisang atau apel.

Itulah beberapa pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengatasi keluhan diare. Ingatlah untuk tetap mengonsumsinya dalam batas wajar. Dan yang terpenting, segeralah berobat ke dokter jika diare yang Anda alami tak kunjung sembuh dalam beberapa hari.(RVS/klikdokter)


div>