SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Atasi Paraguay, Brasil Selangkah Lagi Terbang ke Rusia

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 29 Maret 2017 10:56
Atasi Paraguay, Brasil Selangkah Lagi Terbang ke Rusia

Neymar jadi salah satu aktor kemenangan Brasil. foto: afp

JAKARTA – Timnas Brasil sukses meraih kemenangan 3-0 atas Paraguay dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, di Arena Corinthians, Rabu (29/3). Hasil ini membuat langkah Brasil kian dekat menuju Rusia.

Sejak awal laga, Brasil memang sudah tampil menekan. Pertandingan baru berusia enam menit, mereka bahkan nyaris membuka skor.

Ini berawal dari tendangan bebas, Neymar mengarahkan bola ke kotak penatli. Sayang sundulan Paulinho masih melambung di atas mistar gawang Paraguay.

Tuan rumah masih menguasai bola. Namun rapatnya barisan bertahan Paraguay membuat tim besutan Tite itu kesulitan untuk sekedar masuk ke dalam kotak penalti.

Dua kali percobaan berhasil dilakukan Neymar di menit 27. Tembakan kerasnya berhasil dimentahkan kiper tim tamu, namun bola bergulir ke kakinya. Percobaan kedua, pemain 25 tahun itu coba menggiring bola dan melakukan nugmet, namun masih terlalu lemah.

Philippe Coutinho akhirnya berhasil memecahkan telur menit ke-34. Berawal dari kerja samanya dengan Jose Paulo Maciel Junior, Coutinho berhasil mengakhirinya dengan tembakan kaki kiri keras menyusur tanah.

Keunggulan Brasil bertahan hingga jeda. Usai turun minum, Selecao kembali menekan. Mereka bahkan mendapatkan hadiah penalti menit ke-51 setelah Neymar dijatuhkan di kotak oleh Rojas. Meski diprotes, wasit tidak berubah dan tetap menunjuk titik putih.

[NEXT-RASUL]

Namun demikian, Neymar yang langsung jadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangan penalti dari Neymar yang diarahkan ke sisi kanan masih bisa diblok kiper Antony Domingo Silva Cano. Bola memantul, namun sudah diamankan para pemain Paraguay.

Neymar akhirnya membayar lunas kegagalannya itu, 13 menit berselang atau pada menit ke-64. Mendapat umpan dar Marcelo, dia melakukan tendangan placing yang tak bisa diatasi kiper Paraguay.

Pada menit ke-67, pemain Barcelona itu sebenarnya kembali sukses cetak gol. Namun dianulir oleh wasit karena dia sudah dalam posisi offside.

Marcelo akhirnya sukses pastikan kemenangan Brasil empat menit sebelum pertandingan berakhir. Kerjasama segitiga, bola dari Coutinho diumpan kepada Paulinho dan umpan lagi dengan tumit kepda Marcelo. Pemain asal Madrid ini kemudian melakukan chip untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Hingga peluit panjang, skor 3-0 untuk Brasil tak berubah. Atas hasil ini, pasukan Tite tersebut hanya butuh satu kemenangan saja untuk melangkah ke Rusia karena makin tak tersentuh.

Susunan Pemain:

Brasil (4-1-4-1): 1 Alisson Becker; 22 Fagner, 13,Marquinhos (14-Thiago Silva 66′), 3 Miranda, 16 Marcelo; 5 Casemiro, 11 Philippe Coutinho, 8 Renato Augusto, 15 Paulinho, 10 Neymar; 21 Roberto Firmino

Paraguay (4-4-1-1): 12 A. Silva; 14 P. Da Silva, 4 D. Verón, B. Valdez, 13 J. Alonso; 16 C. Riveros, 18 R. Rojas, 23 M. Almirón (Oscar Romero 46′), 17 H. Pérez; 10 D. González (9-F Santander 56′); 6 C. Domínguez. (jpg)


div>