SELASA , 16 OKTOBER 2018

ATCS dan CCTV Bakal Disinkronkan

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 18 Mei 2018 12:39
ATCS dan CCTV Bakal Disinkronkan

kantor balaikota (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Keberadaan teknologi canggih seperti Automatic Traffic Light Control Sistem (ATCS) pada lampu jalan dan Closed Circuit Television (CCTV) di Kota Makassar diketahui masih berbeda tempat ruangan operasinya.

Padahal penerapan kedua teknologi tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk mengatur dan melakukan pengawasan lalu lintas.

Teknologi ATCS yang digunakan untuk pengaturan lampu jalan dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, sementara penggunaan kamera pemantau atau CCTV dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di War Room Balaikota.

Terkait hal tersebut, Kepala Dishub Kota Makassar, Mario Said mengatakan, bahwa pihaknya berencana akan menggabungkan (mensinkronkan) ATCS miliknya dengan CCTV milik Kominfo yang ada di War Room, untuk bisa perkuat pengawasan Dinas Perhubungan Kota Makassar.

“Tahun ini kita upayakan akan mensinkronkan ATCS dan CCTV yang ada di Balaikota, ini juga alasan kita menempatkan BKO di War Room,” kata Mario Said, Kamis (17/5).

Namun, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pihak Dinas Kominfo, untuk melakukan sinkronisasi ATCS dan CCTV yang berada War Room di Lantai 10 Kantor Balaikota.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Makassar, Denny Hidayat mengatakan bahwa pihaknya dengan senang hati bisa mensinkronkan antara CCTV miliknya dengan ATCS milik Dishub. Namun demikian, dua alat canggih tersebut tidak serta merta langsung disingkronisasikan.

“Kita harus survai dulu bersama Dishub dan Diskominfo untuk melihat seperti apa, tidak langsung katakan bisa,” kata Denny

“Kita welcome tentang itu (Sinkronisasi) tapi mereka (Dishub) juga welcome dibuka teknologinya jangan kita tidak dikasi ijin mengakses teknologinya mereka,” lanjutnya

Tidak hanya itu, Kata Denny, bahwa pihaknya juga mempersilahkan penempatan personel Dishub di War Room sebagai bagian dari Bawah Kendali Operasi (BKO). Bahkan instansi diluar Pemkot juga melakukan hal yang sama.

“Kita minta (penempatan BKO) Maret lalu, tapi sampai sekarang belum ada, polisi saja ada BKO di kami, tapi kalau Dishub siap hari ini, kita tempatkan sekarang juga,” kata Denny Hidayat. (*)


div>