MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Atraksi Sigajang Laleng Lipa Membuat Penonton Tercengang

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 07 April 2016 20:17
Atraksi Sigajang Laleng Lipa Membuat Penonton Tercengang

int

BONE, RAKYATSULSEL.COM – Atraksi permainan tradisional ‘Sigajang Laleng Lipa’ (saling tikam dalam satu sarung, red) diperagakan oleh dua orang dalam Festival Serumpun Bugis yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Kreatif (AJK) Bone. Atraksi itu ditampilkan pada kegiatan pameran Bone Fair dalam kemeriahan Hari Jadi Bone (HJB) ke 686 membuat penonton kagum sekaligus tercengang, Selasa malam (5/4).

Kegiatan yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Bone ini mendapat apresiasi dari pemerintah daerah, karena telah sukses mempopulerkan kembali dengan menampilkan permainan-permainan tradisional yang mulai terlupakan karena jaman.

Dalam kegiatan festival serumpun Bugis berbagai permainan maupun atraksi yang ditampilkan, diantaranya tari tradisional dan sejumlah permainan tradisional seperti ‘sigajang laleng lipa’ (saling tikam dalam satu sarung-red) dan ‘massallo kawali’ (bermain hadang dengan menggunakan senjata tajam jenis badik, red).

Ketua AJK Bone, Anwar Marjan mengatakan kegiatan festival serumpun Bugis dengan menyuguhkan pertunjukan tari tradisional hingga permainan tradisional ini dilakukan karena kekhawatiran mulai dilupakannya akan seni dan budaya tradisional Bugis oleh generasi masa kini oleh karena pengaruh modernisasi.

“Permainan atau atraksi tradisional ‘Sigajang Laleng Lipa’ ini merupakan bagian dari festival serumpun Bugis, walau tidak menampik itu bukan budaya dan bukan tradisi. itu adalah fenomena yang terjadi pada jaman dahulu, tapi tidak dilakukan lagi sekarang ini,” jelas Marjan.

Sumardi salah satu penonton yang menyaksikan atraksi ‘Sigajang Laleng Lipa’ saat itu merasa kagum sekaligus tercengang melihatnya.

“Saya bangga dan salut atas apa yang ditampilkan oleh Aliansi Jurnalis Bone tentang seni dan budaya seperti atraksi Sigajang Laleng Lipa ini,” katanya.


Tag
  • HJB
  •  
    div>