KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

Awasi Kinerja Guru, Para Pengawas Sasar Sekolah-sekolah

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 10 Maret 2017 13:46
Awasi Kinerja Guru,  Para Pengawas Sasar Sekolah-sekolah

H Anwar Halede, Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Parepare

PAREPARE, RAKYATSULSEL. COM –Para pengawas sekolah, baik di tingkat SD, SMP, dan SMA atau sederajat lingkup Dinas Pendidikan Kota Parepare kembali melaksanakan supervisi untuk memastikan tugas guru berjalan dengan optimal.

Menurut salah seorang pengawas mata pelajaran Bahasa Daerah, SBDK, dan Penjaskes, H Anwar Halede, kegiatan supervisi tersebut merupakan kegiatan rutin dalam meningkatkan mutu pedidikan yang ada di Kota Parepare. Untuk tingkat SMP kata Anwar Halede, sebanyak 6 Pengawas turun ke beberapa sekolah mengadakan supervisi.

Salah satu kegiatan supervisi tersebut terlihat dilaksanakan di SMPN 10, dan di SMPN 2 Parepare, Jumat, (10/3).

Anwar Halede juga mengatakan, kegiatan ini untuk melihat kinerja guru di sekolah, serta memberikan pembinaan kepada para guru mata pelajaran jika terjadi kekeliruan, baik mengenai administrasi, maupun proses pembelajaran.
[NEXT-RASUL]

“Jadi pengawas SMP itu ada 6 orang yang turun ke sekolah-sekolah, masing-masing ada bidang studi yang diamanatkan, contohnya saya mensupervisi guru olahraga, guru seni budaya, dan guru bahasa daerah,” terangnya.

Anwar menjelaskan, tujuan diadakan supervisi tersebut untuk melihat proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru di sekolah serta kelengkapan bahan ajar yang digunakan.

“Kami melihat, apakah yang diajarkan sesuai dengan apa yang dituangkan ke dalam perangkat pembelajaran yang telah mereka susun, jika ditemukan tidak sesuai apa yang disusun dan diajarkan, maka guru tersebut kami panggil kembali untuk diberikan pembinaan, dan selanjutnya kami laporkan kepada kepala sekolah,” ungkapnya.

Sementara, Kepala SMPN 10 Parepare, M Sofyan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para pengawas ini sebagai program positif untuk peningkatan kualitas pendidikan. Lanjut Sofyan, kegiatan tersebut sudah terprogram dan menjadi agenda wajib bagi setiap guru.
[NEXT-RASUL]

“Kegiatan supervisi yang dilakukan pengawas ini mekanismesnya sudah bagus dan terprogram, tinggal khusus ke guru-guru bagaimana mengelolah pembelajaran sehingga menarik dan bermakna,” terangnya.

Kegiatan supervisi ini juga kata Sofyan, merupakan rutinitas yang dilakukan dengan tujuan memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru di kelas yang outputnya untuk siswa.(nia)


Tag
div>