JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Awasi Orang Asing, Imigrasi Parepare Gelar Operasi Gabungan di Tator

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 26 April 2018 20:16
Awasi Orang Asing, Imigrasi Parepare Gelar Operasi Gabungan di Tator

int

TATOR, RAKSUL.COM- Kantor Imigrasi Kelas II Kota Parepare melakukan pengawasan orang asing di Makale, Tana Toraja (Tator), Kamis, (26/4/2018). Hal ini dilakukan sebagaimana mandat Undang- undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, dengan fungsi pengawasan terhadap orang asing.

Pengawasan orang asing ini dilakukan dengan menggelar Operasi Gabungan Terpadu dengan melibatkan Kepala instansi terkait, seperti Kepala Kesbangpol Tana Toraja, Camat Makale Selatan, Kasat Intelkam Polres Tana Toraja, Kapolsek Makale Selatan, Danramil Makale Selatan, Lurah Sandabilik, yang juga menjadi Tim Pengawasan Orang Asing yang telah dibentuk pada Rapat pembentukan Timpora.

Kegiatan Operasi Gabungan ini dimulai dengan rapat bersama instansi terkait mengenai Standard Operating Procedures (SOP), serta menyamakan misi dan tujuan dalam Operasi Gabungan Terpadu yang akan dilaksanakan. Prosedur yang dilakukan meliputi pemeriksaan dokumen keimigrasian serta wawancara terhadap perusahaan yang mempekerjakan orang asing tersebut.

Operasi Gabungan ini atas tindak lanjut dari laporan masyarakat terkait keberadaan orang asing yang berada di wilayah Kabupaten Tana Toraja tepatnya di PT. Malea Energy Kecamatan Makale Selatan.

Dari Hasil pemeriksaan oleh Tim Gabungan, tenaga kerja asing diperkirakan masuk pada Mei dikarenakan alat turbin sudah ada di gudang PT. Malea Energy di Makassar.

ā€œDiharapkan ke depannya kegiatan Operasi Gabungan Terpadu ini dapat terlaksana secara terus-menerus guna peningkatan pengawasan terhadap Orang Asing dan tegaknya kedaulatan Republik Indonesia,” jelas Indra Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Parepare, didampingi Indra Gunawan Mansyur yang juga turun langsung dalam kegiatan operasi gabungan pengawasan orang asing di Tana Toraja. (*)


div>