JUMAT , 25 MEI 2018

Azikin Optimis Revisi UU Pilkada Tuntas Sebelum Reses

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 30 Januari 2015 21:22

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Anggota komisi II DPR RI Azikin Solthan mengaku tetap optimisjika revisi Undang-Undang (UU) pilkada yang saat ini masih melalui proses pembahasan oleh panitia kerja (Panja) komisi II akan segera diparipurnakan sebelum masa reses anggota DPR RI yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2015.

“Kita lihat nanti kondisinya, masih ada berbagai kemungkinan dalam pembahasan revisi UU pilkada. Tapi, saya tetap optimis paripurna akan segera dilangsungkan sebelum reses 18 februari 2015 ini,’ ujar Azikin saat dikonfirmasi melalui telepon celulernya, Jumat (30/1).

Selain belum dapat memastikan jadwal pasti paripurna revisi UU pilkada, bekas bupati Bantaeng dua periode ini juga mengungkapkan beberapa kemungkinan terkait revisi UU pilkada itu, salah satunya terkait penyelenggara yang dalam UU pilkada tidak lagi menyebutkan KPU sebagai penyelenggara pilkada.

“Memang dalam UU Pilkada tidak lagi menyebutkan jika pilkada merupakan kewenangan penuh KPU sebagai penyelenggara. Masalahnya, tidak ada penyelenggara yang siap kecuali KPU. Kalau pemerintah mau bentuk tim adhoc untuk penyelenggara, terus siapa yang bisa lebih siap seperti KPU. Itulah yang masih menjadi pembahasan di Panja,” ungkap politisi Gerindra ini

Beberapa poin revisi lainnya lanjut Azikin, termasuk penyelesaian sengketa pilkada yang hingga kini belum dapat dijelaskannya secara rinci, sebab Mahkamah Konstitusi (MK) telah menegaskan tidak lagi menjadi peradilan untuk sengketa pilkada. Termasuk tahapan uji publik yang kemungkinan besar diakomodir, namun belum dapat ditentukan siapa saja yang akan ditunjuk untuk melaksanakan uji publik.

“Sampai saat ini kita masih membahas dan belum ada gambaran keseluruhan. Soal uji publik juga masih mencari siapa yang akan melakukan ujian kalau bukan KPU yang ditunjuk sebagai penyelenggara, apakah masyarakat langsung atau bisa saja tetap dikembalikan ke KPU,” pungkasnya.


div>