RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Azis, Cakka, Lufty Menguat di Pilgub, Begini Rencana Datu Luwu

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Jumat , 31 Maret 2017 10:39
Azis, Cakka, Lufty Menguat di Pilgub, Begini Rencana Datu Luwu

int

PALOPO, RAKYATSULSEL.COM — Pilgub Sulsel baru akan digelar tahun depan. Rencananya Juni 2018 bersama dengan ratusan daerah lainnya pada pilkada serentak gelombang ketiga. Namun demikian, aromanya semakin kencang.

Termasuk di Tana Luwu yang merupakan salah satu wilayah strategis untuk Pilgub Sulsel yang memiliki jumlah penduduk satu juta lebih warga. Terlebih tiga putra terbaik Tana Luwu disebut-sebut akan maju bersaing. Kaitannya dengan ini, Datu Luwu Andi Maradang Mackulau berencana mengundang ketiganya ke Istana Luwu.

Seperti diketahui, tiga nama dari Luwu Raya akan maju dalam pilgub Sulsel 2018. Ada Anggota DPR RI Luthfi A Mutty, Anggota DPD RI, Aziz Qahar Mudzakkar, dan Bupati Luwu Andi Mudzakkar.

“Saya rencanakan dalam waktu dekat mempertemukan ketiganya di Istana Kedatuan. Duduk bersama satukan persepsi,” ujar datu Luwu.
Kata datu Luwu, lebih bagus lagi dari tiap calon gubernur, wakilnya adalah orang Luwu. ”Saya senang sekali,” katanya.

Terkait apakah mau di kosong satu, tambah datu Luwu, ia realistis saja hanya bisa di kosong dua. “Pecah suara orang Luwu, saya rasa tidak, biarkan masyarakat Tana Luwu memilih,” jelasnya.

Nama yang mencuat ikut meramaikan perhelatan akbar tersebut, yakni Aziz Qahar Mudzakkar yang menguat digandeng Nurdin Halid. Kemudian Andi Mudzakkar yang santer terdengar akan mendampingi Ichsan Yasin Limpo. Terakhir terdengar kabar Agus Arifin Nu’mang rencananya juga akan memilih pasangan dari Tana Luwu, Luthfi A Mutty.

[NEXT-RASUL]

Pengamat Politik Unhas asal Tana Luwu, Dr Aswar Hasan, yang dikonfirmasi Palopo Pos, Rabu 29 Maret 2017, kemarin, menyebutkan bahwa adapun tiga putra terbaik Tana Luwu untuk maju di pilgub itu sangat berpeluang tinggal bagaimana hitung-hitungan para calon 01. “Jika hasil kajian-kajian, surveinya mengarah kepada tiga putra Tana Luwu, maka bisa jadi tiga calon gubernur akan memilih bija to Luwu,” sebut Aswar.

Namun demikian, agak berat jika semuanya maju. Karena, suara akan terpecah. ”Tapi yang namanya politik segala sesuatunya bisa menjadi mungkin,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk Nurdin Halid, hampir pasti akan mengandeng ustad Aziz. Ini berdasarkan pembicaraan-pembicaran masing-masing pihak yang terjadi meskipun belum ada hitam di atas putih dan deklarasi. Namun, semuanya tinggal ketuk palu saja.

Dipilihnya Aziz oleh NH ini karena berdasarkan hitung-hitungan politik, berdasarkan geopolitik, Aziz mewakili Luwu Raya. Sementara NH mewakili Bosowa. “Persoalan apakah diterima oleh masyarakat ini kembali ke survei dan pemilihan nantinya. Tapi, kita harus berkaca juga, ustad Aziz ini punya pemilih fanatik sekitar 1 juta suara, tersebar di Luwu Raya dan daerah Sulsel lainnya,” tambahnya.

Kata dia, NH dan Aziz oleh sejumlah pengamat dan bocoran survei dianggap bisa saling melengkapi. Hal itu menjadi peluang pasangan tersebut untuk berpotensi menang. Hanya saja, jika ada lebih dari satu calon yang maju dari Luwu Raya, maka itu akan menjadi faktor kendala bagi mereka.

[NEXT-RASUL]

Sementara itu, Pengamat Politik asal Unanda Palopo, Kasmad Kamal, menyebutkan bahwa tiga putra terbaik Luwu Raya memang berpeluang maju pada pilgub mendatang sebagai 02, yakni Anggota DPD RI, Aziz Qahar Mudzakkar, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, serta Anggota DPR RI, Luthfi A Mutty.

“Mereka ini kuat sebagai representasi jazirah utara Sulsel, Luwu Raya dan semuanya masih sangat berpeluang untuk maju,” ungkapnya.

Selama belum ada hitam di atas putih antara bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur, selama itu pula semuanya berpeluang untuk maju.

“Jika salah satunya sudah ada yang deklarasi, maka kemungkinan bakal calon gubernur yang ada seperti NH, IYL, dan Agus Arifin Nu’mang, mungkin akan lakukan hitung-hitungan memilih 02 dari Tana Luwu. Tapi meskipun demikian, apapun itu, semuanya masih mungkin terjadi tentunya dengan kajian-kajian yang mendalam,” ungkap Kasmad.

Sementara itu, Direktur Sawerigading Riset Center (SRC), Zul Rahman yang dihubungi Palopo Pos, mengungkapkan bahwa adapun tingkat keterpilihan tiga putra Luwu di Kota Palopo masih sangat bagus.

“Namun untuk paket itu kami belum lakukan, pun jika sudah dilakukan itu masih untuk internal kami, belum bisa diterbitkan ke publik,” sebut Rahman.
Mengenai paket NH dengan Aziz, IYL dan Cakka, serta Agus Arifin Nu’mang dengan Luthfi, itu juga belum mengarah ke sana.(ich/ary)


div>