SELASA , 12 DESEMBER 2017

Baca Baik-Baik! Efek Diabetes Merembet ke Miss V dan Mr P

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 17 November 2017 11:18
Baca Baik-Baik! Efek Diabetes Merembet ke Miss V dan Mr P

Ilustrasi tidur (AFP)

RAKYATSULSEL.COM – Seseorang dengan diabetes biasanya muncul diakibatkan oleh gaya hidup. Diabetes tipe II saat ini semakin banyak mengancam masyarakat dengan tren usia lebih muda. Jika sudah terkena diabetes, maka bisa menjalar dengan berbagai komplikasi lainnya seperti jantung, ginjal, kebutaan, amputasi, hingga vitalitas di ranjang.

Pada perempuan, diabetes bisa memicu terjadinya infeksi daluran kemih dan jamur pada Miss V. Hal itu tentu akan membuat penderitanya merasa tak nyaman dan menderita.

“Infeksi saluran kemih ya bisa saja terjadi bila gula darahnya tak terkontrol dengan baik,” tegas Spesialis Endokrin yang juga anggota PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) dr Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, dalam konferensi pers, Kamis (16/11).

Sebab, kata Roy, kuman dan gula ada di mana-mana sehingga bisa memicu munculnya jamur. “Bila kontrol dengan baik diabetesnya biasanya tak terjadi,” papar Roy.

Roy menegaskan untungnya, ada satu penelitian yang melihat perempuan di Asia tak rentan infeksi dibandingkan dengan perempuan di Eropa dan Amerika. Alasannya ternyata perempuan Asia lebih bersih sebab selalu membilas Miss V dengan air setelah buang air kecil dan buang air besar.

“Sedangkan di Eropa pakai tisu. Lebih bersih perempuan Asia,” jelasnya.

Sumber lainnya juga menyebutkan, pengaruh diabetes pada Mr P, akan terjadi jika kadar gula dalam darah tak terkontrol. Jika pria terhindar dari diabetes bisa mengurangi risiko impotensi.

Sebanyak 50 persen seseorang dengan diabetes biasanya menderita impotensi. Selain itu, pria juga wajib batasi asupan lemak dan rampingkan pinggang.

(ika/JPC)


div>