SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Bachder Djohan: Satriya Madjid Harus Mampu Sejahterakan Anggota

Reporter:

Muh Fahrullah

Editor:

doelbeckz

Minggu , 11 Maret 2018 23:00
Bachder Djohan: Satriya Madjid Harus Mampu Sejahterakan Anggota

Bachder Djohan Buddin.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Terpilihnya Satriya Madjid menjadi Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sulsel periode 2018-2022 pada Musyawarah Provinsi (Musprov) DPP Inkindo Sulsel di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar, Minggu (11/3) dini hari, mendapatkan respon positif dari para senior konsultan. Khususnya dari mantan Ketua DPP Inkindo Sulsel Bachder Djohan Buddin dan Faizal Suyuthi.

Bachder berharap Satriya sebagai ketua terpilih harus mampu mengakomodir seluruh kepentingan anggota dalam rangka mengambil bagian kegiatan-kegiatan masing-masing bidang.

Selain itu, mampu memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh anggota dalam rangka menjalankan usahanya. Termasuk memberikan informasi terkait jasa konsultan, terutama aturan-aturan yang ada kepada seluruh anggota.

Direktur Utama PT Sucofindo ini, mengatakan, yang tidak kalah pentingnya adalah harus menjalin networking antara organisasi profesi jasa dan organisasi perusahaan jasa konstruksi, dengan organisasi pengusaha lainnya, dan dengan pemerintah selaku pemberi kerja.

“Ketua itu harus harus bisa menjadi tumpuan anggota dalam mendapatkan pekerjaan, memiliki jaringan yang kuat, dan mampu menjalin hubungan baik atau kerja sama dengan pemerintah. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mampu menjamin kesejahteraan anggotanya. Saya melihat sosok Satriya Madjid ini sangat cocok, sebab memiliki jaringan yang kuat organisasi pengusaha lainnya dan dengan pemerintah,” jelas mantan┬áKetua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Inkindo ini.

“Inkindo kedepan akan lebih berperan dan berkontribusi dalam pembangunan yang ada di Sulsel. Saatnya peran Inkindo Sulsel lebih dimaksimalkan,” tambah mantan Direktur Utama PT KIMA ini.

Sementara, Faizal Suyuthi mengatakan, ada sejumlah harapan atas terpilihnya Satriya bersama pengurus Inkindo Sulsel periode 2018-2022.

Pertama, mampu menjalankan roda organisasi sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Kedua, melakukan sinergitas dengan eksekutif dan legislatif. Khusus dengan eksekutif bagaimana mewujudkan lahirnya Peraturan Gubernur (Pergub) terkait jasa konsultan sesuai arahan atau menindaklanjuti Undang-Undang (UU) nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dalam pasal 24 ayat 1 terdapat ruang pemerintah provinsi membuat kebijakan khusus terkait jasa konsultansi. Apalagi, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo sudah memberikan respon positif untuk membuatan pergub tersebut.

“Diharapkan dengan adanya pergub nantinya, maka kebijakan pemerintah daerah betul-betul pro pengusaha lokal,” harapnya.

Ketiga, pengurus baru nantinya dapat menjalin sinergitas dengan yudikatif, Kejaksaan dan Kepolisian. Hal ini sangat penting agar anggota bekerja tidak dalam tekanan.

Keempat, mampu melaksanakan pelatihan-pelatihan secara berkesinambungan, sehingga dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota yang pada akhirnya mampu bersaing tidak hanya lokal, tetapi nasional hingga internasional.

“Dengan melaksanakan hal tersebut akan mengembalikan marwah Inkindo Sulsel dan dapat diperhitungkan lagi,” jelasnya. (***)


div>