MINGGU , 21 JANUARI 2018

Bagi Warga yang Ingin Calon Bupati Toraja, Hanura Siap Usung

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Senin , 26 Januari 2015 15:00

TANATORAJA,RAKYATSULSEL.COM – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Tana Toraja membuka peluang bagi masyarakat untuk mencalonkan diri menjadi bupati pada Pilkada Bupati Tana Toraja 2015. Partai Hanura telah membuka pendaftaran mulai Senin (26/1) sampai bulan Februari mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Tana Toraja, Andareas Tadan menjelaskan pendaftaran terbuka, baik untuk kader partai maupun masyarakat umum.

“Mulai tanggal 26 januari pukul 09:00 Wita pendaftaran resmi kita buka, dan terbuka bagi seluruh masyarakat yang berminat maju sebagai calon bupati maupun wakil bupati,” ujarnya saat ditemui Senin (26/1) digedung DPRD Tana Toraja.

Andareas, mengatakan Partai Hanura adalah partai terbuka dan partai ini ingin mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mampu membuat perubahan di Tana Toraja. Baik itu berasal dari kader partai maupun tokoh-tokoh masyarakat yang berasal dari luar partai.

“Siapapun yang ingin membangun Tana Toraja, dia memiliki peluang untuk mengendarai Partai Hanura pada Pilkada nanti,” ujar Wakil Ketua DPRD Tana Toraja ini.

Terkait syarat pendaftaran, Andarias menjelaskan partai ini tidak menerapkan syarat-syarat yang rumit termasuk pendaftaran yang tidak dipungut biaya.
Syaratnya hanya berpendidikan minimal Strata 1 (S1) dan memiliki nilai jual (popularitas) yang ditunjukkan dengan hasil survey.

Jika Partai Hanura, kata dia, akan mengutamakan calon yang memiliki elektabilitas tinggi untuk diusung, karena partai Hanura akan totalitas untuk memperjuangkan calonnya pada pilkada nanti. Selain elektabilitas yang tinggi, penentuan pasangan calon yang akan diusung Hanura, akan ditentukan oleh DPP Partai Hanura

Meski demikian, Hanura tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri karena partai ini hanya memiliki 4 kursi di DPRD Tana Toraja, sedangkan yang diisyaratkan minimal 20 persen dari total kursi di DPRD.

“Kami hanya memiliki 4 kursi, sedangkan untuk dapat mengusung calon minimal memiliki 6 kursi di DPRD, untuk itu jauh-jauh hari sebelumnya kami telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik lainnya untuk menjadi mitra koalisi,” jelasnya.


div>