RABU , 17 OKTOBER 2018

Bahas Karakter Bangsa di Fak. Seni dan Desain UNM

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 18 April 2016 11:23
Bahas Karakter Bangsa di Fak. Seni dan Desain UNM

Suasana Kegiatan Sosialisasi Pondasi dan Pilar Kebangsaan Anggota MPR RI Dr. H. Ajiep Padindang, SE, MM di Kab. Bone dengan segment Guru dan Aktifis Budaya Kab. Bone. dengan mengankat tema membangun Karakter Pemuda dalam bingkai Pancasila

RakyatSulsel.com – Anggota DPD RI / MPR RI, Dr. H. Ajiep Padindang, SE, MM. melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi ini dilakukan di Auditorium Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dihadiri oleh Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (UNM) Dr. Nurlina Syahrir, M.Hum dan  unsur sivitas akademika lainnya.

Mengawali penyajian materinya, Ajiep Padindang mengajak peserta sosialiasi untuk selalu mensyukuri karunia Tuhan yang diberikan kepada Bangsa Indonesia. Dihadapan 150 peserta sosialisasi, Ajiep –demikian panggilan akrabnya–, menekankan pentingnya penghayatan dan pangamalan nilai-nilai Pancasila yang sejalan dengan nilai-nilai budaya lokal di Sulawesi Selatan.

“Meskipun kita berbeda-beda suku bangsa dan agama, tetapi sesungguhnya kita sama sebagai manusia ciptaan Tuhan dan satu Indonesia” lanjut Ajiep yang juga menjabat sebagai Ketua Komite IV DPD RI.

Selain Ajiep Padindang, nara sumber lain dalam sosialisasi ini adalah Dr. Nurlina Syahrir, M.Hum. Nurlina menyambut baik kegiatan Sosialisasi Pilar Kebangsaan ini. Dalam sambutannya, Nurlina menyampaikan bahwa Program MPR RI ini sejalan dengan misi Perguruan Tinggi, khususnya Fakultas Seni dan Desain yakni bagaimana membantun jiwa, karakter dan kepribadian bangsa.

“Karakter Bangsa yang harus dibangun tentu karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan budaya masyarakat Sulawesi Selatan” Kata Nurlina.

Sosialisasi Pancasila dan Pilar Kebangsaan ini mengangkat sub tema “Pancasila sebagai dasar pembangunan manusia Indonesia yang berkarakter”. Ajiep Padindang yang menyandang gelar Doktor (S3), lebih lanjut menguraikan bahwa  membangun karakter anak bangsa harus dimulai sejak dini dan dari diri sendiri. Salah satunya adalah dengan pendekatan pengembangan budaya lokal, khusunya pelestarian budaya dan tradisi masyarakat sebagai salah satu identitas kebangsaan dan jati diri kita sebagai negara yang majemuk dan bersatu dalam NKRI.

“Membangun karakter bangsa, harus dimulai sejak dini dan dari diri sendiri dengan membangun kecintaan pada budaya lokal. Karena itu, kalangan terpelajar masyarakat kampus harus memberi contoh dan menjadi panutan dalam membangun karakter bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” ungkap Ajiep Padindang.


Tag
div>