JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Bahas Tantangan Usaha, FE UMI Datangkan Pakar Ekonomi Asal Jerman

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Muhammad Alief

Selasa , 23 Oktober 2018 14:56
Bahas Tantangan Usaha, FE UMI Datangkan Pakar Ekonomi Asal Jerman

Prof. Dr. Iur Stefan Koos, saat menjadi dosen tamu di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung FE, Selasa (23/10/2018).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar kuliah tamu di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung FE Selasa (23/10/2018).

Pada kegiatan ini, pihak UMI menghadirkan ahli ekonomi dari Jerman yaitu Prof. Dr. Iur Stefan Koos, yang membahas tentang monopoli dan persaingan usaha.

Kuliah tamu ini diikuti oleh civitas akademika dan mahasiswa FE UMI Makassar.

Dekan FE UMI Makasssr, Prof Mahfud Nur Najamuddin mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah bagian dari program FE UMI dan juga sesuai dengan visi misi dirinya selaku pimpinan FE UMI.

Menurutnya, dengan menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang dan ahli luar negeri, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pengembangan sumber daya manusia, baik dosen dan mahasiswa.

“Kita bekerja sama dengan pihak luar negeri, khusus pemateri kita datangkan dari Jerman, untuk membahas terkait bagaimana persaingan usaha yang sehat serta kondisi ekonomi global,” ujanya.

Dijelaskannya pula ada beberapa kegiatan sebelumnya yang telah terlaksana, yakni, kuliah perdana dengan semua mahasiswa baru dan workshop jurnal internasional terhadap semua dosen fakultas ekonomi.

“Pada intinya, kami ingin pengembangan SDM dan Alhamdulillah melalui kuliah tamu di Fakultas Ekonomi hari ini, semua bisa berjalan sesuai harapan,” tuturnya.

Di Fakultas Ekonomi UMI kata dia, terdiri dari tiga jurusan yaitu, jurusan Akuntansi, jurusan Studi Pembangunan dan Manajemen.

“Kuliah tamu ini sudah yang ketiga. Insya Allah pada tanggal 30 yang akan datang, kita akan mendatangkan direktur Bank Indonesia untuk memberikan kuliah tamu juga di tempat yang sama di Fakultas Ekonomi UMI,” terangnya.

Sedangkan, paparan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Iur Stefan Koos lebih banyak membahas perihal pelindungan konsumen dan kaitan produk hukum.

“Perlindungan konsumen sama penting dengan produk, perlu dijalankan dengan baik. Apalagi di Indonesia masyarakatnya terkenal heterogen,” demikian kutipan singkat saat pembahasan materi.


div>