• Rabu, 22 Oktober 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

BAIK Gugat Hasil Pilkada Luwu ke MK

Sabtu , 28 September 2013 23:26
Total Pembaca : 2361 Views

PALOPO, RAKYATSULSEL.COM – Pasca penetapan KPUD Luwu yang memenangkan pasangan petahan, Bupati Luwu Andi Mudzakkar berpasangan Amru Saher dipastikan berlanjut di Mahkamah Konstitusi (MK). Pasalnya, rival petahana pasangan
Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BAIK) akhirnya melakukan gugatan di MK.

Hal itu ditegaskan Tim Media Centre BAIK, Hamka Hidayat. Dia menegaskan dirinya tengah mempersiapkan dalam rangka melakukan gugatan di MK perihal tahapan Pilkada Luwu yang diduga terjadi pelanggaran sistematik.

Menurut mantan Bupati Luwu ini, dalam tahapan KPU hingga penetapan pemenangan peserta Pilkada Luwu terjadi kecurangan yang sistematik. Kecurangan-kecurangan tersebut menjadi bukti nantinya di MK.

“Dengan pelanggaran itu kita akan jadikan bagian dari materi gugatan. Kami siapkan pengacara Elsa Syarif,” ujar Hamka yang juga Ketua Partai Demokrat kepada Rakyat Sulsel Online, Sabtu (28/9).

Sementara pelanggaran Pilkada Luwu yang diduga sistematik seperti terungkapnya rekaman video kecurangan yang berdurasi sembilan menit terjadi pada pencoblosan di Desa Sinaji, Kecamatan Bastem beredar luas di masyarakat. Dalam rekaman itu sejumlah surat suara dicoblos oleh oknum anggota KPPS. Surat suara itu merupakan jatah pemilih yang tidak datang memilih ke TPS tersebut.

Selain itu, ditemukan sejumlah kotak suara kosong untuk PPK Walenrang ketika KPU mengambil alih dengan melakukan penghitungan. Adapun dugaan intimidasi yang dilakukan oknum aparat terhadap Ketua PPK Walenrang.


Penulis: Asrul
Editor: Salviah Ika Padmasari