SELASA , 23 OKTOBER 2018

Bamus Belum Jadwalkan Pembahsan APBD Pokok 2019

Reporter:

Arini

Editor:

Iskanto

Sabtu , 06 Oktober 2018 11:30
Bamus Belum Jadwalkan Pembahsan APBD Pokok 2019

Hamzah Hamid

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Musyawarah (Bamus) belum menjadwalkan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2019. Padahal, seharusnya pembahasan APBD Pokok 2019 tersebut harusnya sudah mulai dibahas Oktober ini.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Hamzah Hamid mengatakan setelah pembahasan APBD Perubahan 2018, seharusnya seluruh stakeholder yang ada di DPRD Kota Makassar kembali fokus untuk membahas APBD Pokok 2019.

Apalagi, kata dia, pihaknya menargetkan akan menyelesaikan pembahasan APBD Pokok 2019 terbilang satu bulan dari sekarang yakni pada November mendatang. Sementara untuk pembahasan APBD itu memiliki rangkaian pembahasan yang cukup panjang.

“APBD perubahan sudah selesai, saya kira waktunya sekarang pimpinan DPRD untuk konsentrasi pada pembahasan anggaran pokok, dan saya kira Pemerintah Kota Makassar juga harus demikian. Ini kan sisa beberapa bulan, bulan 11 ini harus selesai target kita,” kata Hamza, Jum’at (5/10).

Meski demikian Hamzah mengaku tetap optimis pembahasan APBD Pokok ini akan dijadwalkan dalam waktu dekat. “Dalam waktu dekat ini akan Bamus, pimpinan Bamus akan melakukan rapat,” ujarnya.

Walaupun seharusnya, kata dia, pembahasan APBD Pokok 2019 ini seharusnya dimulai Oktober ini. Namun, pihaknya akan berusaha agar APBD Pokok ini tidak ketinggalan dan selesai tepat waktu.

“Memang kan jadwalnya Oktober ini. Saya kira kita akan bahas ini bagaimana APBD Pokok tidak ketinggalan dan tepat waktu,” ujarnya.

Bahkan, ia mengira kalau draft APBD Pokok 2019 telah diserahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kepada pimpinan DPRD Kota Makassar.” Saya yakin sudah ada, cuman belum turun di anggota” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Makassar, Adwi Awan Umar mengatakan bahwa draft APBD Perubahan 2018 yang telah di paripurna beberapa waktu lalu. Dan sampai saat ini masih dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.
Karena, kata dia, seluruh Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang telah diparipurnakan DPRD Kota Makassar akan dievaluasi Pemprov Sulsel sebelum dilaksanakan.

“Masih dievaluasi di kantor gubernur itu yang baru disahkan. Kan dievaluasi dulu, belum di undangkan. Semua Perda, dan kan itu termasuk Perda,” kata Adwi.
Ia menambahkan, dalam waktu dekat Bamus akan melakukan rapat internal untuk menentukan waktu. “APBD Pokok belum dibamuskan, dijadwalkan dalam Bamus baru pembahasannya, lalu dirapatkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), baru mau dicari waktu Oktober ini,” pungkasnya. (*)


div>