KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Bangun Budaya Baca Tulis di Mamuju, Tiga Komunitas Berafiliasi

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Iskanto

Senin , 03 Desember 2018 12:07
Bangun Budaya Baca Tulis di Mamuju, Tiga Komunitas Berafiliasi

Nampak Anak anak sangat ansusian menyikuti kegiatan mewarnai yang di laksanakan 3 komunitas di Mamuju (foto ; Sudirman)

MAMUJU, RAKYATSULSEL.COM – Tiga komunitas literasi bahu-membahu untuk menyediakan literatur bagi anak-anak di Taman Lalu Lintas Mamuju, Senin (03/11).

Tiga komunitas itu yakni, Rumah Baca Lingkar Literasi Intensif, Teras Aksara dan Perempuan Peduli Mamuju. Ketiganya berafiliasi untuk menyediakan buku bacaan dan fasilitas mewarnai bagi anak. Tak hanya itu, meraka juga membimbing dan menyediakan buku bacaan bagi umum.

Ketua Lingkar Literasi Intensif, Ray Akbar Ramadhan mengungkapkan, kegiatan ini rutin dilakukan bersama dengan para pegiat literasi di Mamuju. Tujuannya untuk membangun budaya baca dan memberi kelas mewarnai bagi anak yang sedang bermain di taman tersebut.

“Pada intinya kegiatan ini adalah upaya membangun budaya literasi, demi menatap Mamuju yang merdeka dari kebodohan,” kata Ray.

Menurut salah satu Anggota Komunitas Perempuan Peduli Mamuju, Nannach Sarliana, ruang publik itu mesti diisi dengan aktifitas. Khususnya kegiatan yang bersinggungan langsung dengan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya edukasi literasi.

“Seperti lapak baca dan ruang edukasi anak. Diharapkan warga yang hadir bisa menikmati fasilitas yang disediakan pegiat Literasi. Menikmati sore dengan bacaan menarik. Khususnya anak-anak yang tentu bisa belajar sambil bermain,” sebut Nannach.

Sementara itu, Ketua Teras Aksara Mamuju, Abdy Kurniawan Yusuf memiliki argumen berbeda. Lelaki berkulit kuning langsat itu menegaskan, rutinitas setiap Minggu itu dilakukan secara intensif bersama para pegiat komunitas. Hal itu untuk memasifkan budaya baca tulis di Mamuju.

“Untuk anak usia dini, kami hanya kenalkan mereka huruf, angka dan warna melalui mewarnai,” pungkasnya. (*)


Tag
div>