SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Bantuan Pertanian tak Direspon, Kartu Macca Disambut Hangat

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 25 September 2015 14:57

SOPPENG, RAKYATSULSEL.COM – Bantuan pemerintah atas berbagai kebutuhan pertanian yang diklaim oleh salah satu kandidat di Kabupatens Soppeng, mulai tak direspon oleh warga. Bahkan kini gelontoran berbagai kebutuhan pertanian itu seperti hand tracktor, pupuk bersubsidi, bibit tanaman serta paket pelatihan pertanian mulai berbalik menjadi boomerang. Pasalnya, bantuan yang hanya menyentuh sedikit petani, malah melahirkan antipati.

“Yang dapat hanya orang dekat saja. Mana mau kami diperintah-perintah pilih dia (salah satu kandidat, red) sementara yang nikmati segelintir orang saja,” kata Raji, warga Jennae, Liliriaja, Jumat (25/9).

Selain penyaluran tak merata, para petani juga sudah mulai khawatir dengan bakal adanya persoalan hukum atas bantuan itu di kemudian hari. “Bahaya juga ini bantuan. Tak jelas dari mana, bisa bersoal hukum di belakang hari,” tambahnya.

Kalau program bantuan pertanian mulai ditinggalkan masyarakat, hal berbeda dialami Kartu Macca. Program Kartu Macca yang diluncurkan Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak-Supriansa (AKAR SUPER), justru disambut hangat oleh warga.

Pada beberapa posko tim di kecamatan permintaan sangat tinggi. “Sampai hari ini ada 1.468 KK permohonan kartu yang masuk. Kami sementara menunggu formulir asli dari tim pusat,” kata Rahmat, petugas posko di Marioriwawo.

Hingga Jumat (25/9), posko pusat AKAR SUPER telah mencatat permohonan yang diajukan oleh 5.742 KK miskin. “Sampai saat ini, AKAR SUPER sudah memenuhi 2.647 formulir, sedangkan sisanya akan diselesaikan pada akhir bulan ini,” Rahmat.


div>