• Jumat, 18 April 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Bantuan Sapi Ternak Tahun 2012, Belum Jelas!

Jumat , 18 Mei 2012 01:15
Total Pembaca : 363 Views

Baca juga

Inikan Program Tahunan?

RAKYAT SULSEL – Dana bantuan sapi ternak sebanyak Rp 3,2 Miliar dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), yang mejadi program tahunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, untuk tahun anggaran 2012 ini, belum jelas kapan akan disalurkan. Sebelumnya dana bantuan sapi ternak untuk anggaran tahun 2011, sudah diterima 8 kelompok ternak yang ada di Kabupaten Pinrang sekitar akhir bulan September lalu.
Kepala Bidang Peternakan Pinrang, Ilyas yang ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, bantuan sapi ternak yang diserahkan sekitar Rp3,2 Milyar akhir September lalu, langsung masuk ke rekening kelompok ternak masing-masing. “Dana APBN bantuan sapi ternak untuk anggaran 2011 itu masing-masing masuk ke rekening kelompok ternak sebanyak Rp 400 juta dari 8 kelompok ternak,” jelas Ilyas.
Ilyas mengaku, hingga saat ini belum lagi ada kejelasan dana bantuan sapi yang akan di anggaran tahun 2012. “Tahun ini belum ada kejelasan anggaran dan jumlah bantuannya untuk masing-masing kelompok ternak juga belum diketahui, “kata Ilyas kepada wartawan.
Hingga saat ini, juga tidak ada tambahan atau pengurangan kelompok penerima dana bantuan sapi sesuai Rencana Usaha Kelompok (RUK) untuk tahun 2012.
Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan, Ilyas dinilai tidak ingin memberikan informasi data kelompok karena  dirinya tidak memiliki wewenang untuk perlihatkan data kelompok penerima bantuan sapi. “Saya tidak punya wewenang untuk perlihatkan data penerima bantuan sapi, ” tandasnya.
Selain itu, Ilyas menyarankan untuk berkordinasi kepada Kapala Bagian (Kabag) Humas, Syamsuddin, terkait informasi penerima dana bantuan sapi tersebut.
Kabag Humas Pinrang, Syamsuddin, yang dihubungi terpisah melalui selulernya mengatakan, dirinya sendiri tidak tau pasti adanya anggaran bantuan sapi ternak karena hingga saat ini dirinya sendiri belum pernah ada informasi daripada instansi terkait.
“Saya sendiri, juga tidak tau pasti kalau tahun ini anggaran bantuan sapi ternak dari provinsi ada atau tidak ada,” kata Syamsuddin.
Sementara itu, Salah seorang LSM yang enggan disebut namanya menjelaskan, sudah pasti ada anggaran bantuan sapi dari Dinas Peternakan Provinsi yang memang sudah menjadi program setiap tahunnya. “Dana bantuan sapi ternak dari Provinsi sudah pasti ada setiap tahun, “  ujar anggota LSM tersebut kepada wartawan. (K3)