Bantulah Orang Yang Sedang Cemas, Begini Caranya

RAKYATSULSEL.COM– BANYAK gejala yang menyebabkan orang cemas. Pemicunya bisa karena gangguan tekanan pascatrauma, kecemasan sosial, kepanikan dan masalah-masalah lain yang mungkin sering tidak teridentifikasi.

Masalah-masalah ini bisa bersifat ringan hingga berat dan sering kali sangat mencolok jika kecemasan yang dihadapi bersifat akut.

Jika Anda memiliki teman, anggota keluarga atau saudara yang menghadapi tekanan seperti ini, penting untuk memberikan dukungan dan tidak menghakiminya ketika sedang dilanda kecemasan atau menghadapi masa-masa krisis.

Berikut ini beberapa tips membantu orang yang mengalami kecemasan, seperti dilansir laman Healthline:

1. Work with their emotions

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa kegelisahan/kecemasan bukanlah suatu gangguan yang rasional.

Oleh karena itu, respons rasional kemungkinan besar tidak akan membantu, terutama pada saat seseorang yang mengalami gangguan kecemasan.

Sebagai gantinya, cobalah terlibat dengan emosinya. Terimalah bahwa mereka merasa memang sedang merasa cemas. Ingatkan mereka bahwa sementara mereka mungkin merasa tertekan, perasaan tersebut akan berlalu.

[NEXT-RASUL]

Gunakan pikiran irasional dan mengakui bahwa orang tersebut khawatir. Misalnya, cobalah sesuatu seperti: “Saya bisa mengerti mengapa Anda merasa seperti itu, tapi saya bisa meyakinkan Anda bahwa hanya itu kecemasan Anda saja. Itu tidak nyata. ”

2. Fokus pada perasaan mereka

Jangan tanya kenapa orang tersebut merasa cemas. Sebagai gantinya, tanyakan bagaimana perasaan mereka.

Dorong mereka untuk mencatat gejala mereka. Berikan ruang terhadap penderita kecemasan untuk tenang. Jika mereka menangis, biarkan mereka menangis. Ini akan melepaskan tekanan mereka dengan lebih cepat.

3. Gunakan teknik pengalih perhatian

Mungkin Anda bisa menyarankan mereka untuk berjalan-jalan, membaca buku atau bermain game.

Ini akan mengalihkan perhatian otak yang cemas dan memungkinkan orang tersebut tenang secara alami. Ini juga menyenangkan bagi semua orang.

4. Bersabarlah

Kesabaran adalah sebuah keharusan dalam hal kecemasan. Cobalah untuk tidak kehilangan kesabaran atau jengkel pada orang tersebut.

Tunggu sampai bagian terburuk dari serangan melonjak sebelum mengambil tindakan atau mencoba untuk membantu orang tersebut merasionalisasi apa yang sedang terjadi.

5. Dan akhirnya, be funny!

Tertawa membunuh stres seperti air membunuh api.

Garis bawah? Kegelisahan bukanlah suatu kondisi mudah untuk diatasi, tapi dengan kesabaran, cinta dan pengertian, ada banyak cara untuk membantu seseorang dengan kecemasan.(fny/jpnn)