JUMAT , 25 MEI 2018

Banyak Lembang di Toraja tak Akan Dapat Dana Desa

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 20 Januari 2015 14:46

TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Sekitar lima puluhan Lembang (Desa) yang ada di Kabupaten Tana Toraja terancam tak dapat kucuran dana desa dari pusat.

Pasalnya, Lembang-lembang tersebut belum ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) melainkan penetapannya melalui peraturan bupati (Perbup). Sementara, sesuai peraturan pemerintah yang baru, penetapan suatu desa harus berdasarkan Perda.

Memang sebelumnya, penetapan desa diperbolehkan penetapan hanya menggunakan payung hukum Perbup. Namun berdasarkan UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta UU No 6 tahun 2014 tentang desa mengharuskan penetapan suatu desa melalui Perda.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja telah mengajukan tiga draft rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang mengatur Lembang tersebut.

Ketiga ranperda itu yakni tentang tata cara pemilihan kepala Lembang (Desa), Ranperda tentang Badan Permusyawaratan Lembang dan Ranperda tentang pedoman penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Lembang kepada DPRD yang diharapkan segera mendapat pengesahan dan penetapan menjadi Perda.

Kepala Inspektorat Tana Toraja, Drs Yohanis Sumule mengatakan, bahwa Lembang yang akan menjadi penerima dana tersebut sudah harus memiliki perangkat resmi sebelum jadwal pengucuran dana tersebut.

Kalau tidak ada perangkat sebagai pengelola anggaran, jelas tidak akan dikucurkan. Juga yang harus disiapkan adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa


div>