KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

Bapenda Barru Genjot Pendataan Sektor PAD

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 15 Agustus 2017 11:16
Bapenda Barru Genjot Pendataan Sektor PAD

Andi Muhammad

BARRU, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Barru, dalam memenuhi target PAD tahun 2017, terus eksis melakukan pendataan sumber-sumber pendapatan baru.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Barru, Andi Muhammad, mengatakan, salah satu cara untuk memenuhi target PAD dengan memaksimalkan beberapa sektor pendapatan yang selama ini hanya 70-80 persen dinaikkan menjadi 100 persen.

“Masih banyak sektor pendapatan dari sisi lain yang sementara dinventarisir seperti karaoke hiburan, warkop, galian sumur dalam contohnya pencucian mobil, ‎pemanfaatan areal parkir dan program pendapatan lainnya akan di data dengan baik kemudian dilakukan proyeksi pendapatan, self assesment akan digunakan untuk mendasari serta acuan sektor ini,” jelas Muhammad, Selasa (15/8).

‎”Di samping itu kita akan intensifikasi dalam bidang pengawasan, meminimalisir kebocoran pendapatan yang kadang terjadi,” tambahnya.

Menurut Muhammad, capaian PAD selama ini sudah maksimal. Misalnya tahun 2016, dari target Rp66 Miliar menjadi Rp82 Miliar terjadi peningkatan Rp15 Miliar. Sedangkan untuk tahun 2017 ini ditarget sebesar Rp77 Miliar dan sementara berjalan.

“Sementara itu capaian besar terkadang didapatkan dari hasil pendapatan bukan potensi,‎ seperti jasa giro, deviden, dan deposito itu cukup signifikan,” tutup Muhammad. (*)


div>