RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Bapenda Sulsel Tunggu Juknis Pajak Kendaraan Online

Reporter:

Editor:

dedi

Rabu , 22 Maret 2017 17:57
Bapenda Sulsel Tunggu Juknis Pajak Kendaraan Online

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat untuk penetapan pajak yang diperuntukan untuk aplikasi kendaraan berbasis online.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto Tanaranggina, setelah menghadiri rapat evaluasi pemanfaatan dana bagi hasil pajak rokok kabupaten/kota se-Sulsel di Hotel Grand Clarion, Rabu (22/3).

Ia mengungkapkan, setelah keluarnya Juknis dari pusat, maka pihaknya akan mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) ke Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sulsel untuk dibahas.

“Sampai saat ini belum ada petunjuknya dari pusat, kalau sudah ada moment ini sangat tepat rasanya mengusulkan ke dalam Peraturan Daerah. Karena saat ini pihaknya telah mengodok perda nomor 10 tahun 2010 tentang pajak daerah dan retribusi daerah,” ungkapnya.

Tautoto mengungkapkan, pihaknya belum bisa membahas lebih jauh karena dirinya belum mengetahui sistem pajak yang akan berlaku untuk kendaraan aplikasi online ini. Menurutnya, dalam memutuskan aturan tidak mudah, hari ini ditetapkan besoknya diterapkan tidak seperti.

“Dibutuhkan kajian-kajian mendalam, untuk kemudian memberikan pertimbangan-pertimbangan ke Pak Gubernur, (Syahrul Yasin Limpo) untuk kemudian diputuskan,”terangnya

Seperti diketahui, dalam revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 tahun 2016, tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek, khususnya yang mengatur operasional armada berbasis aplikasi online, akan mulai berlaku pada 1 April mendatang.

Salah satu poinnya mengatur tentang kepentingan perpajakan pada penyelenggaraan angkutan umum taksi online dikenakan terhadap perusahaan aplikasi sesuai usul dari Ditjen Pajak.


div>