SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Bappeda Makassar Libatkan Masyarakat dalam Perencanaan Pengelolaan Sanitasi

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Muh Sophian AS

Selasa , 14 November 2017 21:38
Bappeda Makassar Libatkan Masyarakat dalam Perencanaan Pengelolaan Sanitasi

Kepala Bappeda Makassar, Andi Khadijah Iriani saat menjadi pembicara dalam Lokakarya Sanitasi Program Hibah Air Limbah Setempat. Kegiatan ini digelar di Hotel Horison Ultima, jln. Jend. Sudirman, Selasa (14/11)

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Lokakarya Sanitasi Program Hibah Air Limbah Setempat Di Kota Makassar. Kegiatan ini digelar di Hotel Horison Ultima, jln. Jend. Sudirman. Selasa (14/11).

Kepala Bappeda Makassar, Andi Khadijah Iriani menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi masyarakat bersama Badan Keswadayaan Masyarakat mengenai program pengelolaan air limbah, sanitasi atau MCK. “Keterlibatan masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemanfaatan merupakan kunci untuk mewujudkan seratus persen sanitasi layak, nol persen pemukiman kumuh, dan seratus persen akses air bersih,” kata Iriani.

Kota Makassar dilirik kemajuannya dalam upaya menuju Pencapaian Universal 2018 100-0-100 sehingga digelontorkan hibah Rp 1,5 milyar dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Apalagi Kota Makassar, lanjut Iriani merupakan wilayah percontohan untuk sanitasi perkotaan. Di mana awal Desember nanti Kota Makassar menjadi tuan rumah City Sanitation Summit 2017.

Ia memaparkan, program skala nasional yang tertuang dalam RPJMN tersebut membutuhkan percepatan di sejumlah kawasan kumuh di Kota Makassar. Dia menyebutkan terdapat 12 kelurahan yang menjadi fokus percepatan ini. “Jadi selain penyamaan persepsi, dalam kegiatan ini kita sosialisasikan ke masyarakat bahwa kita diberikan hibah dari Kementerian PUPR, maka dari itu kita ingin mengecek seperti apakah ada IPAL Komunal yang memerlukan perbaikan, ataukah penambahan,” terangnya. (*)


div>