Sabtu, 25 Maret 2017

Barbuk 106 Kg Sabu, 6 Orang Sindikat Narkoba Malaysia Divonis Mati

Kamis , 12 Januari 2017 09:35
Penulis :
Editor   : doelbeckz
Enam dari sembilan terdakwa kasus peredaran narkoba Malaysia-Cirebon divonis hukuman mati di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Cirebon, Rabu (11/1). foto: jawa pos.
Enam dari sembilan terdakwa kasus peredaran narkoba Malaysia-Cirebon divonis hukuman mati di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Cirebon, Rabu (11/1). foto: jawa pos.
JAKARTA – Sembilan terdakwa kasus sindikat narkotika Internasional Malaysia–Cirebon menjalani sidang putusan di PN Cirebon, Rabu(11/1). Enam diantaranya mendapatkan vonis hukuman mati. Tiga lainnya divonis 8 sampai 10 tahun penjara.

Enam terdakwa divonis mati adalah Ricky Gunawan (34), Jusman (52), Sugianto alias Acay (29), Anciong Alias Karun (40), Yanto Alias Abeng (36), dan Muhammad Rizki (30). Sedangkan Fajar Priyo Susilo (25) divonis 10 tahun penjara.

Sementara dua lainnya diadili dengan perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Hendri Unan (28) dan Gunawan Aminah (52) dihukum 8 tahun kurungan penjara subsider 6 bulan atau denda Rp1 miliar

Dalam pertimbangannya, majelis hakim berpendapat bahwa komunikasi yang terjalin melalui telepon dan SMS sudah merupakan permufakatan atau perencanaan. Hakim menolak seluruh pembelaan dalam pledoi penasehat hukum.

"Perbuatan para terdakwa juga tidak sejalan dengan program pemerintah dalam pemberantasan peredaran narkotika,” kata ketua majelis hakim Much Muchlis.

Muchlis mengatakan, majelis hakim tidak menemukan hal yang meringankan dari para terdakwa kecuali Fajar Priyo Susilo. Terdakwa masih berusia muda dan mempunyai masa depan yang panjang serta peran Fajar tidak terlalu signifikan dalam jaringan narkoba tersebut.

“Selain itu, majelis hakim tidak menemukan hal-hal yang meringankan, para terdakwa cenderung berbelit-belit dan rata-rata sudah melakukan perbuatan tersebut secara berulang,” imbuhnya.

Berita Terkait