SENIN , 15 OKTOBER 2018

Barcode Masih Beraktivitas THM

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 17 Februari 2018 11:00
Barcode Masih Beraktivitas THM

ILUSTRASI

* Satpol PP Tunggu Rekomendasi Penertiban

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tempat Hiburan Malam (THM) berkedok restoran, Barcode yang berlokasi di Jl Amanagappa, ternyata masih beroperasi sebagai THM. Padahal izin yang dikantongi hanya izin resto. THM berizin restoran tersebut beroperasi hingga pukul 03.00 WITA dini hari.

Terkait hal itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Imam Hud mengatakan bahwa pihaknya tidak serta merta langsung bisa bertindak melakukan penertiban Perda. Sebelum turun harus ada rekomendasi pihak terkait.

“Kita tidak bisa langsung turun tertibkan, harus ada surat rekomendasi dari dinas terkait (Disperindang Bidang Pengawasan dan PTSP) kalau memang izinnya tidak ada, jangan sampai kita bertindak nanti dibilang semena-mena,” jelas Imam Hud, Jumat (16/2).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan Disperindag Kota Makassar, Syahruddin mengatakan bahwa pihaknya akan turun dalam waktu dekat untuk mengawasi usaha-usaha hiburan malam yang tak memiliki izin.

“Kita akan koordinasi dengan pihak terkait dulu, seperti apa dilapangan. Jika ditemukan THM yang tidak memiliki izin maka kita akan berikan teguran kalau tidak diindahkan kita serahkan ke PTSP untuk mencabut izin dan Satpol PP untuk menutup,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas PM PTSP, Andi Bukhti Jufri mengatakan bahwa pihaknya belum mengeluarkan izin hiburan kepada Barcode. Pasalnya lokasi usaha Barcode melanggar regulasi. Bahkan izin penjualan minuman beralkohol pun tidak diperpanjang.

“Menyangkut izin, kita tidak perpanjang karena diminta Bar tapi tidak sesuai aturan. Izinnya itu Cafe Resto, silahkan kalau ada Bar itu yang harus dihentikan. Tidak perlu saya keluarkan rekomendasi penindakan karena itu tendensius sekali,” ucap Andi Bukhti.

Ia mengatakan bahwa kewenangan pemberian surat penindakan ke Satpol PP itu pihak Dinas Perdagangan karena terkait pengawasan Izin Situ Siup Usaha yang ada di Makassar.

“Kalau hiburan bukan saya (PTSP), tapi Dinas Perdagangan terkait SITU SIUP, ijin usaha yang tidak memiliki izin usaha itu pengawasannya ada di Diperindag bidang pengawasan,” jelas Andi Bukhti.

Ia menambahkan bahwa tanpa adanya surat rekomendasi dari PTSP, Disperindag melalui Bidang Pengawasan sudah harus menindaklanjuti usaha yang tidak memiliki izin.

“Kalau dia masih beroperasi harus dibuatkan surat teguran, kan ada tahapan teguran, teguran pertama dan kedua pembinaan dan teguran ketiga tidak diindahkan, maka langsung ditutup, yang ditutup itu Barnya, jangan tutup yang ada izinnya,” jelas Andi Bukhti. (*)


div>