SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Barru Raih WTP, Bukti Kepemimpinan Idris Syukur Transparans dalam Pengelolaan Keuangan

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Selasa , 01 September 2015 18:19
Barru Raih WTP, Bukti Kepemimpinan Idris Syukur Transparans dalam Pengelolaan Keuangan

int

BARRU,RAKYATSULSEL.COM – Pengelolaan keuangan dan transparansi jalannya pemerintahan di masa kepemimpinan Andi Idris Syukur berbuah manis. Untuk kali kedua sepanjang sejarah, Barru mendapat piagam penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sesuai Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemerintahan Daerah Kabupaten Barru tahun 2014.

Secara resmi, piagam tersebut diterima Karteker Bupati Barru Andi Muh Yamin di ruang rapat pimpinan di kantor Gubernur Sulsel, Senin (31/8) yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan Tri Heriadi, dan disaksikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Sebelumnya, Idris sudah menerima laporan dari BPK soal penghargaan itu saat masih menjabat kepala daerah. Meski demikian, piagam penghargaannya baru diserahkan BPK akhir Agustus 2015 ke karteker.

Kepala BPK Perwakilan Sulsel, Tri Heriadi mengatakan, penetapan opini LHP berdasarkan tiga hal. Masing-masing, kesesuaian akutansi keuangan pemerintah, kepatuhan peraturan pemerintah, dan efektifitas pengendalian intern.

“Opini atas laporan pemeriksaan keuangan daerah ini adalah pernyataan profesional pemeriksa atas kinerja tata kelola keuangan daerah,” papar Tri saat memberikan sambutan.

Terkait penghargaan itu, tokoh masyarakat Barru, Ilham, menyatakan, opini WTP yang diterima Pemkab Barru, bisa menjadi jawaban mengenai tudingan miring yang sering dialamatkan ke Idris.

“Inilah bukti komitmen transparansi pengelolaan keuangan Barru se-masa Pak Idris menjadi bupati. Tidak mudah mendapatkan penghargaan itu. Tapi alhamudillah, selama dua tahun berturut-turut, Pak Idris bisa mengantarkan Barru meraih penilaian tersebut,” kata Ilham.

Sementara itu, Idris yang dimintai komentarnya soal penerimaan piagam tersebut, menuturkan, penghargaan itu merupakan kado tersendiri bagi carteker yang di hari pertama menjalankan tugasnya, langsung disambut penghargaan piagam WTP.

“Tentu kita berharap, siapapun yang memimpin Barru ke depannya, prestasi atas pengelolaan keuangan dan pemerintahan yang transparan bisa dilanjutkan, atau dipertahankan,” harap Idris yang di Pilkada Barru maju berpasangan dengan Suardi Saleh.


div>