MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Baru Diperbaiki Trans Sulawesi Terancam Ambruk Lagi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 25 April 2016 20:38
Baru Diperbaiki Trans Sulawesi Terancam Ambruk Lagi

Nampak sejumlah alat berat saat dilakukan perbaikan di jalur trans Sulawesi, perbatasan Sulsel dengan Sulteng tepanya di wilayah Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur. foto: dedi/rakyatsulsel.

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Pekan lalu dilakukan perbaikan di jalur trans Sulawesi, perbatasan Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan Sulawesi Tengah (Sulteng) atau berada di wilayah Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur, setelah mengalami ambruk sepajang 400 meter.

Namun, saat ini, jalur trans Sulawesi tersebut, kembali terancam ambruk. Hal itu terungkap setelah Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur, Ashar, melakukan pantauan langsung di lokasi tersebut.

“Kondisi jalan sudah retak lagi bahkan sejumlah tipikal aspal jalan sudah ada yang turun sekira 20 Centimeter (Cm),” jelas Ashar, Senin (25/4).

Ashar mengatakan, pekan yang lalu jalan ini trans Sulawesi ini, ambruk sepanjang 400 meter. Untuk menormalkan arus lalu lintas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Luwu Timur sudah melakukan penimbunan jalan. “Namun yang lakukan hanya bersifat sementara. Kendaraan roda empat yang lewat hanya satu saja. Dan tidak boleh berpapasan. Jika tidak akan terguling ke jurang,” ujarnya.

Ia mengatakan, dari hasil pemantauannya di lokasi, jalur tersebut bakal putus lagi, karena sudah banyak terdapat rengkahaan di sepanjang jalan yang sudah ditimbun. Selain itu hujan yang terus menerus terjadi di daerah tersebut membuat tanah timbunan banyak yang hanyut ke jurang. (***)


div>