JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Batas Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 08 Mei 2017 10:24
Batas Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang

Ilustrasi. foto: jpg

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulsel membuka kembali pelunasan biaya haji Calon Jamaah Haji (CJH) tahap kedua seak 22 Mei hingga 2 Juni 2017 mendatang.

Sebelumnya, Kemenag membuka pelunasan tahap pertama tanggal 5 Maret lalu. Namun, hingga saat ini masih ada CJH yang belum melakukan pelunasan. Sebanyak 400 orang CJH dari 24 kabupaten/kota di Wilayah Kemenag Sulsel belum melunasi biaya haji.

Kepala Kemenag Sulsel, Abdul Wahid Thahir mengatakan, saat ini sekitar 96 persen CJH telah melakukan pelunasan dari total kuota 7.296 orang.

“Alhamdulillah, saat ini sudah mencapai 96 persen yang telah melakukan pelunasan dari 7.296 jatah haji kita,” katanya diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (8/5).

Berdasarkan arahan Dirjen Kementerian RI, pihaknya akan kembali membuka kesempatan bagi CJH yang belum melunasi biaya haji. “Kita masih berikan waktu, kita tunggu sampai 22 Mei. Kita harap CJH segera melunasi, tahap berikutnya,” ujarnya.

Jika 400 orang CJH tersebut tidak melakukan pelunasan, pihaknya telah menyiapkan pengganti sesuai jumlah kuota yang dibutuhkan. Pihaknya sudah memiliki cadangan sebanyak 153 orang. “Setiap daerah pasti memiliki cadangan, kalau tidak bisa melakukan pelunasan, CJH cadangan yang akan naik,” tuturnya.

Sementara itu, tekait CJH lanjut usia, pihaknya menyiapkan prosedur khusus jika masih ada yang belum melakukan pelunasan. “Belum ditentukan untuk prioritas, apakah kelas usia tertentu atau lama daftar tunggu. Dilihat tergantung pada pelunasan tahap ke dua nantinya. Kalau nanti masih ada, akan dilihat apakah lansia (75 tahun) didahulukan, suami istri dulu, atau anak dan orang tua. Jadi kita masih menunggu,” ungkapnya. (***)


div>