Senin, 21 Agustus 2017

e-Panrita Aplikasi Pendidikan Transmisi Fiber Optik Pertama*

Bawa Sulsel Terima Penghargaan MURI

Jumat , 11 Agustus 2017 09:52
Penulis : ASHAR ABDULLAH
Editor   :
MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM - Pemerintah Sulawesi Selatan menerima penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk aplikasi pendidikan e-Panrita sebagai aplikasi pendidikan dengan transmisi fiber optik pertama di Indonesia.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Kamis (10/8).

e-Panrita sendiri merupakan aplikasi pendidikan yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Sulawesi-Selatan. Dalam modul aplikasi tersebut terdapat absensi, e-Learning, e-Rapor serta modul guru. Dengan sistem ini, guru sekolah dapat di pantau dalam radius 150 meter dari sekolah.

Aplikasi ini juga bermanfaat untuk orang tua siswa yang membutuhkan info mengenai anaknya di sekolah. Info akan dikirimkan melalui SMS gateway, termasuk nilai dan kehadiran siswa.

Aplikasi ini terintegrasi dengan smartphone guru sehingga mereka bisa melihat absensi online, termasuk mendeteksi keberadaan guru. Dengan sistem ini, maka mudah diketahui posisi guru pada saat jam mengajar, apakah berada di luar koordinat atau luar sekolah.

Penyerapan dana BOS juga dapat dipantau secara real time di ruang kontrol ini melalui e-Panrita. Ada pula yang bernama Dasbor e-Panrita yang mengoneksikan CCTV yang ada sekolah dengan yang ada di kantor Disdik Sulsel, di dalamnya terdapat enam layar pantau. Ini bertujuan untuk memantu langsung aktivitas yang ada di sekolah.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam kesempatan itu menuturkan, sangat berterima kasih kepada pihak MURI yang sangat mengapresiasi hadirnya e-Panrita yang ada di Disdik Sulsel.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*