SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Bawasda Barru Periksa 40 Desa

Reporter:

Andi Amril

Editor:

Lukman

Minggu , 25 Maret 2018 23:00
Bawasda Barru Periksa 40 Desa

Kaharuddin

BARRU,RAKYATSULSEL.COM – Hasil pemeriksaan Bawasda terhadap 40 Desa se-Kabupaten Barru telah rampung, Jum’at (23/3) lalu.

Pemeriksaan Bawasda terhadap sejumlah Desa mengacu pada permintaan BPKP Sulsel beberapa waktu lalu, berupa permintaan laporan anggaran dan realisasi kegiatan di 40 desa yang tersebar di 7 Kecamatan se-Kabupaten Barru.

“Sudah rampung semua pemeriksaan Desa, terdapat 7 Desa yang kegiatan fisiknya di sampling sesuai dengan permintaan BPKP, kendati pihak kami telah memeriksa semua Desa,” ungkap Kepala Inspektorat Kab. Barru Drs H Kaharuddin Msi‎.

“Kemudian terdapat 2 Desa ‎yang kami periksa kegiatan fisiknya atas laporan LSM ke Kejaksaan Negeri Barru,” kata Kaharuddin.

Menurut Kaharuddin, tindak lanjut dari hasil pemeriksaan terhadap sejumlah desa tersebut berupa pengembalian hasil temuan kegiatan yang terkait kekurangan volume kegiatan.

“Dari hasil pemeriksaan beragam yang muncul,ada yang terkait setoran pajak PPN dan PPH ada juga terkait UDP atau dana silva,” terang Kaharuddin.

“Yang paling banyak nilai temuannya terdapat di Desa Ajakkang dan Desa Batupute, sebab volume kegiatannya kurang, mencapai puluhan juta rupiah, jika di total untuk kedua desa tersebut lebih dari 100 juta,” urai Kaharuddin.

“Dan Alhamdulillah, semua sudah memperbaiki kualitas kegiatan dan mengembalikan hasil temuan Bawasda, sebab itu kewajiban Desa yang bersangkutan,” jelasnya.

“Dan ini tidak main-main, karena kalau tidak mengembalikan temuan, yakin dan percaya, dana ADD-nya tidak akan cair untuk tahap selanjutnya, sebab kami tidak akan mengeluarkan rekomendasi untuk desa tersebut,” tutup Kaharuddin. (*)


div>