KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Bawaslu Perketat Pengawasan Bagi ASN dan Praktik ‘Money Politic’

Reporter:

Editor:

Niar

Sabtu , 10 November 2018 10:19
Bawaslu Perketat Pengawasan Bagi ASN dan Praktik ‘Money Politic’

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel menekankan agar pengawasan substantif, seperti praktik ‘money politic’ dan netralitas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) diperketat.

Penegasan ini disampaikan Saiful Jihad, salah satu Komisioner Bawaslu Sulsel saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu yang digelar Bawaslu Kota Parepare, di Hotel Bukit Kenari, Kamis, (8/11/2018).

“Kami menekankan agar pengawasan lebih kepada hal yang subtantif seperti pengawasan praktik money politik, netralitas ASN,” kata Saiful Jihad kepada sejumlah Panwascam yang menghadiri sosialisasi itu.

Saiful Jihad juga berharap, agar para Panwascam dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

Sementara, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Parepare, Nur Islah, juga berharap, melalui sosialisasi itu, Panwascam dapat memiliki pemahaman yang sama tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan Pemilu yang diatur dalam regulasi yang ada.

“Untuk pengawasan Pemilu secara umum Perbawaslu yang mengatur tata cara pengawasan adalah Perbawaslu No 21 tahun 2018, sedangkan untuk kampanye, regulasinya ada Perbawaslu no 28 tahun 2018. kami berharap dalam melakukan pengawasan Panwascam berkiblat pada peraturan tersebut,” tutup Nur Islah. (*)


div>