SENIN , 22 OKTOBER 2018

Bawaslu RI Sebut Putusan MA Sudah Final, Tidak Ada Lagi Upaya Hukum Lainnya

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Rabu , 25 April 2018 15:59
Bawaslu RI Sebut Putusan MA Sudah Final, Tidak Ada Lagi Upaya Hukum Lainnya

Ilustrasi. foto: net

MAKASSSR, RAKYATSULSEL.COM – Mahkama Agung (MA) telah mengeluarkan putusan pengajuan kasasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar yang menyatakan menolak pengajuan kasasi KPU Makassar.

Artinya putusan PTTUN berkaitan diskualifikasi pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari (Danny-Indira), gugur. Harus segera dieksekusi oleh KPU Makassar.

Kendati demikian, KPU Makassar mengakui saat ini pihaknya diperhadapkan dengan kondisi yang berat. Mengingat,ada dua keputusan.

Dimana putusan MA final pun juga putusan Panwaslu bersifat final dan mengikat, sebab lembaga tersebut memiliki kewenangan dalam menyelesaikan sengketa proses, baik dalam pemilu maupun pilkada.

Saat dimintai tanggapan soal ada dua keputusan yang sama-sama mengikat. Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo mengaskan putusan kasasi yang dikeluarkan oleh MA merupakan finalisasi sehingga tak ada upaya hukum lainya.

“Termasuk putusan Panwaslu Makassar gugur, karena sudah ada upaya hukum terakhir di MA kaitan sangketa,” ungkapnya saat dikonfimasi sambungan via seluler, Rabu (25/4/2018). (*)


div>