SABTU , 20 OKTOBER 2018

Bawaslu Sulsel : Hakikatnya Pengawasan Pemilu Ada di Masyarakat

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Kamis , 20 September 2018 20:21
Bawaslu Sulsel : Hakikatnya Pengawasan Pemilu Ada di Masyarakat

Pimpinan Bawaslu Sulsel, Adnan Jamal, saat membuka sosialisasi partisipasi pengawasan, pemilu oleh OMS, Parpol dan Media Massa, kamis (20/09).

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Masyarakat adalah pengawas pemilu yang nyata, hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Adnan Jamal, saat membuka sosialisasi pengawasan partisipatif di hotel Mattampa Inn Pangkep, Kamis (20/09).

Menurut Adnan, masyarakat adalah tembok utama suksesnya pemilu, termasuk bagian penting dalam pengawasa pemilu, sehingga dirinya ikut mengajak masyarakat untuk terus mengawasi setiap tahapan pemilu, baik pileg maupun pilpres nantinya.

“Hakikinya pengawasan pemilu ada di masyarakat, jadi kami mengajak masyarakat untuk mengawasai setiap tahapan pemilu, mulai dari penetapan, hingga masa tenang,”ungkap Adnan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Bawaslu mendorong partisipasi pengawasan, dengan menggandeng ormas, partai politik dan media massa, untuk turut serta malakukan pengawasan dalam setiap tahapan.

“Sekecil apapun kontribusi kita, itulah bentuk partisipasi. Mendorong pemilu berlangsung konstitusional,” terang Komisioner Divisi Hukum Bawaslu Sulsel tersebut.

Terpisah Pimpinan Bawaslu Pangkep, Syamsir Salam, mengatakan, masyarakat mempunyai peran penting untuk mewujudkan pemilu yang baik, khususnya di kabupaten Pangkep.

“Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat di Pangkep, bahwa mereka punya peran penting untuk mewujudkan pemilu yang baik sebagai pengawas partisipatif,” ungkap Samsir.

Sebagai upaya pengawasa partisipatif, selain mengawasi aktifitas yang disinyalir melanggar tahapan pemilu, saat ini pihak Bawaslu ikut memantau media sosial, yang kerap digunakan untuk bersosialisasi, padahal belum memasuki tahapan kampanye. (*)

 


div>