MINGGU , 20 JANUARI 2019

Bawaslu Sulsel Putuskan Yugo Tak Melanggar

Reporter:

Ridwan Lallo

Editor:

Jumat , 11 Januari 2019 17:19
Bawaslu Sulsel Putuskan Yugo Tak Melanggar

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, memutuskan calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Makassar, Yusuf Gunco tidak terbukti melakukan pelanggaran administratif sebagaimana laporan Bawaslu Makassar.

Hal itu terungkap dalam sidang kasus dugaan pelanggaran administratif di Kantor Bawaslu Sulsel, Jumat (11/1).

Ketua Bawaslu Sulsel yang juga ketua majelis hakim, Laode Arumahi menyatakan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Berkyarka Kota Makassar (Yusuf Gunco) tidak bersalah. “Jadi laporan Bawaslu Makassar dinyatakan tidak memenuhi syarat. Baik syarat formil maupun syarat materil,” ujar Laode Arumahi.

Olehnya kata Laode Arumahi, temuan pelanggaran administratif Pemilu tidak dapat diterima. “Menyatakan temuan dugaan pelanggaran administratif Pemilu tidak dapat ditindaklanjuti,” jelas Laode.

Yugo–sapaan akrab Yusuf Gunco mengapresiasi putusan tersebut. “Artinya tidak ada pelanggaran Pemilu sesuai dengan PKPU nomor 23 tahun 2018 dan itu tidak bisa dibuktikan oleh Bawaslu Kota Makassar,” ucap Yugo.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari juga menghargai putusan Bawaslu Sulsel. “Kita menghargai. Yang namanya dugaan pelanggaran kita tetap lakukan namanya proses, kalau hasil terbukti atau tidak itu urusan lain yang jelas kita menjalankan tugas kami dengan melakukan pengawasan dan penindakan,” ujarnya.

Sebelumnya, Bawaslu Makassar melaporkan Yusuf Gunco atas dugaan pelanggaran kampanye melalui iklan, diluar jadwal yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). (*)


Tag
  • Yusuf Gunco
  •  
    div>