Bayar Pajak Bisa Lewat ATM

Inovasi Bapenda di HUT Sulsel

Gubernur Sulsel Sayhrul Yasin Limpo bersama Kepala Bapenda Sulsel Tautoto TR saat mencoba membayar pajak lewat atm.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Berbagai inovasi dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel untuk meningkatkan potensi pendapatan pajak.

Selain menjemput bola dengan mendatangi langsung wajib pajak, Bapenda juga memanfaatkan teknologi perbankan.

Bertepatan dengan HUT Sulsel ke-348 yang akan dipusatkan di Stadion Barombong 19 Oktober mendatang, Bapenda akan meluncurkan dua inovasi barunya, yakni pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dan pembayaran pajak melalui kartu debit atau electronic data capture (EDC).

Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulsel Tautoto Tana Ranggina menjelaskan, ke depan pihaknya merancang tiga hingga empat inovasi lagi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan. Namun yang akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah dua inovasi tersebut.

Untuk tahap awal, Bapenda Sulsel menjalin kerjasama dengan Bank Sulsel untuk transaksi via ATM dan EDC.

“Kami terus mempermatang rencana. Rapat-rapat dengan Bank Sulsel dan pihak kepolisian terus dilakukan agar peluncuran program ini lancar,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, di era digital ini, layanan memang diarahkan pada penggunaan teknologi. Wajib pajak tak perlu lagi datang ke samsat bertemu wajah dengan petugas saat membayar pajak.