SELASA , 19 JUNI 2018

Bayar Zakat Tepat Waktu, Ini Penjelasan Baznas Parepare

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Rabu , 30 Mei 2018 17:26
Bayar Zakat Tepat Waktu, Ini Penjelasan Baznas Parepare

int

PAREPARE, RASKSUL.COM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Parepare mengimbau para pemberi zakat atau Muzakki untuk mengeluarkan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mall atau zakat harta.

Diuraikan, untuk zakat mall, harta yang wajib dizakatkan, yaitu emas, uang tabungan, perniagaan, dan surat berharga dengan jumlah nizab senilai harga 85 gram. Harta-harta tersebut wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5 persen.

“Kalau nilai hartanya sudah setara nilai 85 gram emas atau lebih, maka wajib mengeluarkan zakat. Kalau untuk rumah tinggal atau kendaraan yang tidak menghasilkan, zakatnya cukup sekali seumur hidup. Tapi, kalau misalnya dariharta tersebut ada penghasilannya, maka wajib dikeluarkan zakat sekali dalam setahun,” ujar Abdullah, Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Parepare, saat ditemui di kantornya, Rabu (30/5/2018).

Tidak hanya itu kata dia, ada beberapa lagi jenis zakat mall di antaranya pendapatan dan jasa profesi, dengan jumlah nisab senilai 653 Kg gabah atau 524 Liter beras. Zakat tersebut dikeluarkan setiap gaji diterima sebesar 2,5 persen.

“Untuk zakat profesi, kami sudah siapkan Unit Pemungutan Zakat (UPZ) disetiap instansi. Sehingga memudahkan para muzakki untuk membayar zakat,” tambahnya.

Selain zakat profesi, juga dipungut zakat saat ada barang yang ditemukan atau rikaz dengan mengeluarkan zakat sebesar 20 persen. “Untuk pertanian, perkebunan dan kehutanan juga wajib mengeluarkan zakat setiap kali panen sebesar 10 persen tanpa irigasi dan 5 persen dengan irigasi, jika jumlah nisab yang diperoleh senilai 653 Kg gabah,” jelasnya.

Terakhir, untuk hewan jenis sapi jika peternak memiliki 40 hingga 59 ekor sapi, wajib mengeluarkan wajib mengeluarkan zakat 1 ekor anak sapu betina, jika sapi yang dimiliki sebanyak 60 hingga 69 ekor, maka wajib mengeluarkan dua ekor sapi jantan. Sementara, untuk kambing jika peternak memiliki 40 hingga 120 ekor kambing, wajib mengeluarkan satu ekor kambing dan jika memiliki 121 hingga 200 ekor kambing, maka wajib mengeluarkan dua ekor kambing setiap tahunnya.

“Kami akui, kesadaran masyarakat untuk membayar zakat memang masih minim. Untuk itu, kami dari Baznas juga akan terus melakukan sosialisasi terkait wajibnya mengeluarkan zakat,” terang Abdullah.

Sementara, Ketua Baznas Kota Parepare, Muh Djunaed mengatakan, zakat merupakan rukun Islam yang tidak bisa dipisahkan dengan kewajiban shalat. Oleh karena itu kata dia, kewajiban shalat dan zakat di dalam al-qur’an disebutkan sebanyak 32 kali.

“Kalau shalat saja tapi kewajiban zakat tidak dipenuhi, serasa ibadah kita tidak sempurna. Oleh karena itu, diimbau kepada seluruh umat Islam agar segera mengeluarkan zakat. Dengan mengeluarkan zakat kita sudah ibadah langsung kepada Allah sekaligus ibadah sosial. Karena hakikatnya zakat itu untuk mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan umat,” imbau Djunaed.

Selain itu, Baznas Parepare juga akan menyalurkan zakat kepada 440 fakir miskin, 50 orang muallaf dan 40 orang ibnu sabil, Rabu (6/6/2018) mendatang. (MP1)


div>