SELASA , 11 DESEMBER 2018

BBKSD Sulsel Gandeng Perbakin Sulsel Jaga Kelestarian Alam

Reporter:

Alief

Editor:

asharabdullah

Kamis , 05 Juli 2018 21:01
BBKSD Sulsel Gandeng Perbakin Sulsel Jaga Kelestarian Alam

int

*Serahkan Akta Buru Kepada 4 Pengurus

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan, menggandeng organisasi Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin) Sulsel dalam rangka kerjasama terkait upaya menjaga kelestarian alam, yakni pemberian izin berburu bagi anggota Perbakin yang telah memenuhi persyaratan.

Penyerahan Akta Buru ini diserahkan langsung Sekretaris Direktorat Jenderal BBKSDA Kementerian LHK, Hery Subagya, bertempat di Black Canyon Coffee, Jalan Monginsidi, Kamis (5/7).

Dalam arahannya, ia menyampaikan bahwa penerbitan izin berburu ini secara formal menjadi yang pertama di Indonesia, sejak aturan berburu diterbitkan dalam Peraturan Menterl Kehutanan RI Nomor P.31/Menhut-1/2009, Tentang Akta Buru dan Tata Cara Permohonan Akta Buru.

Hery berharap dengan adanya akta buru yang diberikan kepada pengurus Perbakin, dapat menjadi momentum dalam mensosialisasikan pelaksanaan olahraga berburu yang sesuai aturan demi kelestarian satwa liar di alam.

“Pemberian akta buru ini diharapkan menjadi momentum dalam mensosialisasikan pelaksanaan olahraga berburu yang sesuai aturan demi kelestarian satwa liar di alam, makanya kita gandeng Perbakin. Dengan demikian Perbakin Sulsel dapat ikut berperan aktif dalam mendukung pelestarian dan konservasi satwa liar,” terang Hery.

Pengajuan akta berburu ini merupakan inisiatif langsung Pengprov Perbakin Sulsel, agar dapat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, sehingga anggota Perbakin tidak sembarangan berburu, lantaran terikat dengan ijin berburu tersebut.

“Tentunya Dirjen BBKSDA sangat berterima kasih atas niat baik Perbakin karena turut aktif menjaga alam, apalagi ini memang murni inisiatif dari Perbakin sendiri,” ujarnya.

Mengingat ketatnya pengurusan dan penerbitan akta buru ini, BBKSDA hanya memberikan legalitas untuk berburu hanya kepada emkpat orang pengurus Perbakin Sulsel, yakni Irawan Abadi, Andi Muh Fachrul Al Amri, William Gosal dan Haris Yasin Limpo.

Keempat pengurus Perbakin Sulsel ini dinilai telah memiliki/menguasai kemampuan dan ketrampilan berburu satwa buruan, meliputi antara lain teknis berburu, pengetahuan tentang satwa buru, alat berburu dan peraturan perundangan yang berkaitan dengarn perburuan satwa buru.

Salah satu pengurus Perbakin Sulsel, yang menerima akta buru Haris Yasin Limpo, mengaku sangat mengapresiasi respon positif Dirjen BBKSDA Kementerian LHK yang telah menerbitkan ijin berburu tersebut.

“Kita sangat berterima kasih karena akhirnya BBKSDA merespon permohonan ijin yang kami ajukan, meski untuk mendapatkan ijin ini harus melalui sejumlah persyaratan yang sangat ketat,” ujar pria yang akrab disapa None ini.

Haris yang juga Direktur PDAM Makassar ini pun menegaskan jika akan senantiasa menjaga kelestarian alam, khususnya satwa-satwa yang dilindungi.

“Dengan diberikannya akta buru ini, maka akan semakin memotivasi kami dan seluruh pengurus Perbakin agar senantiasa patuh dengan aturan,” singkatnya. (*)


Tag
  • BBKSD Sulsel
  •  
    div>