SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Bea Cukai Parepare Musnahkan Barang Ilegal

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 15 Desember 2016 12:20
Bea Cukai Parepare Musnahkan Barang Ilegal

Pemusnahan barang hasil penindakan di halaman Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Kamis (15/12/2016). foto: luki amima/rakyatsulsel.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Pratama (Bea Cukai Parepare) menggelar pemusnahan barang hasil penindakan di halaman Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Kamis (15/12/2016).

Kepala Kantor Bea Cukai Parepare, Ismail Naba, mengatakan, barang yang dimusnahkan kali ini, merupakan hasil penindakan yang diperoleh dari kegiatan operasi Bea Cukai Parepare, dalam wilayah pengawasan Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat, serta 12 Kabupaten/Kota selama kurun waktu tahun 2016.

Ismail mengungkapkan, adapun barang yang dimusnahkan, berupa hasil tembakau (rokok) dan minuman mengandung etil alkohol (miras), yang melanggar perundang-undangan di bindang Cukai.

“Sebanyak 1.446.545 batang rokok dan 3.629 botol miras. Adapun jumlah kerugian Negara ditaksir mencapai Rp490.832.365,” jelasnya.

Dari kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan peredaran Barang Kena Cukai Ilegal di wilayah pengawasan Bea Cukai Parepare, dapat ditekan. “Juga untuk menjamin dan mengamankan hak-hak penerimaan Negara pada sektor Cukai,” katanya.

Sementara, Kepala Seksi Penyidikan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Sulawesi, Ahmad Akbar mengatakan, selama ini pihaknya melakukan pengawasan pada pintu-pintu masuk pelabuhan,

“Pengawasan kami saat ini sangat ketat dengan istilah Halilintar yaitu pengawasan terhadap pengedaran rokok dan miras, yang masih berjalan massif sampai saat ini,” katanya.

Dia menjelaskan, wilayah kerja Bea Cukai Parepare yang luas dengan pegawai yang hanya berjumlah 14, lanjut dia, harus dikembangkan.

“Kementerian Keuangan juga telah menyetujui pemekaran Bea Cukai Parepare, dari Tipe Pratama menjadi Madya. Jadi Elesonnya naik dati Eselon IV menjadi Eleson III,” ungkapnya. (***)


div>