JUMAT , 15 DESEMBER 2017

“Begal” Partai Merajalela

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 23 Oktober 2017 10:57
“Begal” Partai Merajalela

Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Saling “begal” partai jelang pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU), mulai terjadi. Dukungan parpol bisa saja beralih dari satu kandidat ke kandidat lainnya, di hampir semua daerah yang melaksanakan pilkada serentak.

Dukungan sejumlah parpol terhadap kandidat belum bisa dipastikan seratus persen, sampai Surat Keputusan (SK) dikeluarkan oleh DPP. Di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar sendiri, PPP yang sejak awal telah menegaskan akan mengusung calon wali kota petahana Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, dikabarkan akan mengalihkan dukungan ke kandidat lain.

Begitupun NasDem yang telah mengeluarkan rekomendasi untuk Ketua NasDem Makassar Rachmatika Dewi, belum bisa dipastikan seratus persen. NasDem belum bisa mengusung calon tanpa koalisi.

Sementara, salah satu kader NasDem yakni Indira Mulyasari Paramastuti hampir pasti akan digandeng oleh petahana, Danny Pomanto. Kuat dugaan, usungan NasDem bisa beralih dari Rachmatika ke DP.

Hal yang sama terjadi pada dukungan yang diberikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Danny. Jika Danny tak menggandeng tiga kader PKS yang diajukan, maka PKS bisa saja menarik dukungannya. Syarat tersebut bahkan dicantumkan dalam surat dukungan yang diberikan PKS untuk Danny.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sulsel, Rizal Syarifuddin, tidak menampik adanya kandidat lain yang mencoba mengganggu usungan PPP di Pilwalkot Makassar 2018 mendatang. Sebelumnya, PPP telah menyerahkan surat tugas ke wali kota petahana, Moh Ramdhan Pomanto.

Ia pun meminta Danny agar tidak lengah, dan tetap mengindahkan rekomendasi dalam surat tugas PPP yang sebelumnya telah diserahkan. “Yang pertama, menjajaki partai koalisi. Yang kedua adalah, sampai dengan 30 Oktober itu, harus lengkap. Kalau tidak dilengkapi siap – siap, begal partai sekarang merajalela,” tegas Rizal, Minggu (22/10) kemarin.


div>