SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Begini Aturan Pola Makan Selama Menstruasi

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 19 April 2017 11:27
Begini Aturan Pola Makan Selama Menstruasi

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM -Periode menstruasi adalah masa paling tidak enak bagi kaum hawa. Di tahap ini wanita biasanya merasakan sakit dan nyeri di bagian perut. Mereka juga tidak nafsu makan bahkan dalam beberapa kasus juga disertai demam, mual, dan keringat dingin terutama di hari pertama haid.

Karena itu, wanita harus memerhatikan pola makan pada saat menstruasi. Penting untuk memisahkan mana makanan yang baik atau makanan yang justru memperburuk kondisi nyeri. Dilansir Boldsky, Selasa (17/4) ada beberapa menu makanan yang bisa dipilih selama menstruasi.

1. Cokelat Hitam
Banyak wanita tak nafsu makan selama menstruasi. Konsumsi cokelat hitam yang kaya dengan antioksidan tidak hanya meningkatkan kadar serotonin, tetapi juga meningkatkan pengaruh mood dengan baik.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan menjadi makanan sehat asal tidak dicampur garam. Makanan ini bisa meringankan kram dan meningkatkan nafsu makan.

3. Buah-buahan
Buah-buahan kaya serat. Makan buah bisa menjadi pengganti nutrisi yang sulit masuk saat menstrusi karena tak nafsu makan.

4. Karbohidrat
Gandum dapat menghapuskan rasa sakit karena kaya serat dan karbohidrat. Sebaiknya hindari junk food. [NEXT-RASUL]

5. Cegag Makanan Sodium Tinggi
Makanan mengandung sodium tinggi dapat membuat perut lebih sakit. Contohnya keripik kentang harus dihindari selama menstruasi.

6. Minum Banyak Air
Minum banyak air penting selama menstruasi. Air dapat mencegah perut melilit selama menstruasi.

7. Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 dapat menjadi sumber lemak baik yang menghapus kram dan nyeri. Perbanyak makanan seperti ikan, labu, dan telur selama menstruasi.

8. Makanan Kaya Potassium
Pisang, kentang, alpukat, dan buncis adalah makanan yang kaya sumber potassium. Konsumsi makanan ini akan menghilangkan rasa nyeri dan tak nyaman.

9. Kalsium
Perbanyak kalsium dan vitamin D di dalam susu membuat efek santai pada otot yang dapat meringankan kram dan nyeri.

10. Vitamin
Makanan yang kaya vitamin B6 seperti brokili dan sereal baik dikonsumsi selama menstruasi. Makanan ini akan meningkatkan perasaan dan mood lebih baik.


div>