SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Begini Cara BNNP Sulsel Ungkap 5 Kg Sabu Asal Sidrap

Reporter:

Editor:

Iskanto

Selasa , 28 Agustus 2018 09:20
Begini Cara BNNP Sulsel Ungkap 5 Kg Sabu Asal Sidrap

Para pelaku narkoba bersama barang bukti saat diamankan Polda Sulsel, beberapa wakti lalu. Foto: (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 5 kg. Barang bukti tersebut merupakan hasil pengungkapan kasus peredaran narkoba yang dilakukan pada 19 Juli 2018 lalu.

Dalam pengungkapan ini, pelaku yang terlebih dahulu tertangkap adalah Toni bin Amang bersama barang bukti seberat 1, 8 kilogram sabu.

“Toni mengaku mendapatkan barang tersebut dari Saddang (29). Saddang kemudian berhasil dibekuk sekira lebih kurang 3 jam setelah penangkapan Toni, tepatnya pukul 06.30 Wita pagi,” ungkap Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Pol. Mardi Rumianto, seusai memusnahkan Sabu di halaman kantornya, Senin (27/8) kemarin.

Brigjen Mardi menambahkan, dari tangan pelaku Saddang, petugas mengamankan barang bukti hingga 2, 8 kilogram sabu. Dimana keduanya mengaku dikendalikan membawa barang tersebut oleh Donny.

“Saat dilakukan pengembangan, petugas mendapatkan keterangan dari kedua pelaku, merekan mengatakan diperintahkan membawa barang tersebut oleh Donny. Jadi Donny kita tangkap pada 21 Juli 2018, itu sekira pukul 06.30 Wita di Jalan Cempaka putih tengah, Jakarta Pusat,”imbuhnya

Selain itu, menurutnya prevalensi penyalahguna dan jaringan peredaran Narkoba di Sulsel akan kian bertambah sulit untuk diputuskan. Hal itu dikarenakan pentingnya dukungan serta kerjasama masyarakat untuk menekan angka tersebut.

“Harus dibarengi dengan upaya pencegahan agar masyarajat berani menolak dan berani mengatakan no drugs dan tidak menyalahgunakan narkotika. Serta berani berpartisipasi dengan membentuk pegiat-pegiat anti narkotika di wilayahnya masing-masing,”katanya

“Kemudian bagi pecandu berani dan mau mendatangi panti oanti dan lembaga pelayanan rehabikitasi,”imbuhnya

Diketahui, pemusnahan barang bukti 5 kg sabu tersebut dilakukan dengan insinerasi atau membakar sabu tersebit menggunakan mobil mesin pemusnahan. (*)


div>