MINGGU , 16 DESEMBER 2018

Begini Cara IYL Ikut Merawat Silaturahmi Keturunan Kesultanan Hasanuddin

Reporter:

Lukman

Editor:

Minggu , 03 September 2017 16:27
Begini Cara IYL Ikut Merawat Silaturahmi Keturunan Kesultanan Hasanuddin

Ichsan Yasin Limpo saat menghadiri pesta rakyat di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Minggu (03/09/17).

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Silaturahmi antar bangsa memang harus dirawat setiap saat. Apalagi jika itu adalah rumpun keluarga dari silsilah sama yang kini memilih menetap di negara berbeda.

Merawat hubungan silaturahmi itu, juga mengilhami Tuanku Karameng Sakti Kesultanan Hasanuddin, Keturunan Raja Sakti Malaysia, dan Bupati Gowa Adnan Purichta, serta masyarakat Gowa yang menggelar pesta rakyat di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Minggu (03/09/17).

Terasa spesial, kegiatan ini juga dihadiri mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo (IYL) yang sejak dulu memang dikenal sangat menjaga kebudayaan, serta selalu menjaga hubungan kebangsaan, terutama keturunan kerajaan Sulsel yang menetap di Malaysia.

Mengenakan pakaian adat khas Bugis-Makassar, Punggawa, julukan yang disematkan ke pemimpin yang komitmen ini, berbaur dengan Tuanku Karameng Sakti, beserta para tokoh masyarakat, pemuka adat di Kabupaten Gowa.

Tak hanya itu, IYL yang pernah menjadikan Gowa meraih WTP lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), juga menjadi “saksi” eratnya hubungan Tuanku Karameng Sakti dengan masyarakat Gowa.

Begitu juga kala IYL bersama Bupati dan jajaran Muspida, serta pimpinan SKPD menunjukkan keakraban saat bersantap siang, sebelum keturunan Kesultanan yang kini tercatat sebagai raja Malaysia, menyanyikan lagu.

Setelah itu, Tuanku Karameng Sakti secara simbolis bersama Bupati Gowa memberikan hadiah doorprice yang menang undian di acara Kenduri Masyarakat, atau temu silahturahmi usai Lebaran Idul Adha.

Sekadar diketahui, silaturahmi pesta rakyat ini, sekaligus menjadi pemersatu kerajaan keturunan Hasanuddin, yakni Raja DYTTM, Kesultanan Tidore, Kerajaan Klantan dan Gowa.

“Ini bagian kita dalam merawat hubungan kerajaan keturunan Hasanuddin,” tandas Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di sela-sela kegiatan berlangsung, Minggu (03/09/17) sore. (*)


div>